Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Kiriman Foto yang Bisa Terhapus Sendiri

Kompas.com - 05/03/2021, 07:29 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber DigitIn

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan WhatsApp dilaporkan tengah menyiapkan fitur baru yang memungkinkan foto yang dikirim pengguna terhapus sendiri secara otomatis atau self-destructing photos.

Hal ini diungkap oleh akun Twitter WABetaInfo. Beberapa tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan oleh WABetaInfo dalam sebuah kicauan menunjukkan bahwa pengguna dapat mengirimkan foto yang hanya bisa dilihat dalam periode waktu tertentu.

Ketika foto dibuka, pengguna akan melihat penanda waktu hitung mundur di sisi kiri bawah yang menunjukkan berapa banyak waktu yang tersisa sebelum foto menghilang.

Baca juga: Begini Cara Kirim Foto dan Video yang Bisa Terhapus Otomatis di Instagram

Tangkapan layar juga menunjukkan bahwa foto akan terhapus jika pengguna meninggalkan ruang obrolan yang sedang berlangsung.

Akun WABetaInfo sendiri memang kerap memberikan bocoran-bocoran tentang calon fitur baru WhatsApp dengan akurat sebelum resmi diluncurkan.

WABetaInfo menyebutkan bahwa foto yang dikirim menggunakan fitur self-destructing photos ini tidak bisa diekspor atau dikirim ke luar aplikasi WhatsApp.

Dalam uji coba kali ini, WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp belum menerapkan pedeteksi screenshot shingga bisa saja pengguna menangkap gambar layar sebelum gambar terhapus.

Fitur self-destructing photos ini agaknya mirip dengan fitur "View Once" yang ada pada direct message Instagram. View Once juga memungkinkan pengguna Instagram mengirimkan foto atau video yang hanya dapat dilihat satu kali saja oleh pengguna.

Baca juga: Pesan di Instagram dan Messenger Kini Terhapus Otomatis dengan Vanish Mode

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DigitIn, Jumat (5/3/2021), fitur foto terhapus sendiri ini diduga akan hadir untuk aplikasi di perangkat Andorid maupun iOS, tapi waktu rilis resminya masih belum diketahui.

Sebelum fitur self-destructing photos, WhatsApp lebih dulu memiliki fitur self-destructing messages. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pesan yang akan terhapus secara otomatis dalam periode waktu tertentu.

Untuk self-destructing messages sendiri, WhatsApp menyediakan beberapa opsi pilihan periode waktu sebelum pesan terhapus secara otomatis, mulai dari satu jam, satu hari, satu bulan, hingga satu tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DigitIn
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com