Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Umumkan Snapdragon Sound, Ini Keunggulannya

Kompas.com - 11/03/2021, 07:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Qualcomm baru-baru ini memperkenalkan teknologi terbaru yakni Snapdragon Sound. Teknologi ini dirancang untuk memberikan kualitas suara yang mulus di di semua perangkat, termasuk smartphone, earbud nirkabel, dan headset.

Qualcomm mengatakan, teknologi ini dirancang untuk memberikan pengalaman suara yang mumpuni secara nirkabel, baik saat mendengarkan musik dari layanan streaming, berkomunikasi lewat telepon, hingga bermain game.

"Kami ingin menghadirkan inovasi untuk membantu memberikan solusi kepada konsumen di hampir semua aspek perangkat audio," kata Vice President and General Manager, Voice, Music and Wearables Qualcomm Technologies International, James Chapman.

Snapdragon Sound sendiri telah mendukung resolusi audio tertinggi di angka 24-bit 96kHz. Meski demikian, teknologi ini diklaim memiliki latensi Bluetooth terendah, yakni 89 milidetik atau 45 persen lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor lain di kelasnya.

Baca juga: Qualcomm Umumkan Chip Modem 5G Snapdragon X65 dan X62

Chipset Snapdragon SoundQualcomm Chipset Snapdragon Sound
Salah satu keunggulan dari Snapdragon Sound adalah kemampuannya yang disebut-sebut tahan terhadap interfensi dari Bluetooth dan Wi-Fi. Dengan demikian, Snapdragon Sound diklaim mampu menawarkan kualitas audio terbaik meski di lingkungan yang ramai sekalipun.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (11/3/2021), chipset baru ini juga turut mendukung fitur peredam bising Active Noise Cancellation dan codec aptX Voice.

Menurut Qualcomm, produk yang akan mendukung Snapdragon Sound diperkirakan akan dirilis pada akhir 2021.

Untuk perangkat headset dan bluetooth, Qualcomm menyiapkan chipset khusus dari seri Bluetooth Audio QCC514x, QCC515x dan QCC3056. Sementara untuk ponsel, terdapat chipset seri Snapdragon 800 yang nantinya bakal mendukung konektivitas FastConnect 6900.

Konsep teknologi audio nirkabel yang ditawarkan Snapdragon Sound sendiri sejatinya bukanlah hal baru pada perangkat berbasis Android.

Sebelumnya, Sony telah terlebih dahulu memperkenalkan teknologi LDAC miliknya yang disebut-sebut mampu mengirimkan jumlah data sebanyak tiga lebih banyak dibandingkan codec Bleutooth SBC standar.

Bedanya, Qualcomm terbilang lebih populer karena telah banyak digunakan oleh beragam vendor perangkat audio terkenal, seperti Bose, Jabra, 1More, Sennheiser, Audio-Technica, Anker, dan lain sebagainya.

Baca juga: Qualcomm Umumkan Snapdragon 870, Chipset Penerus Snapdragon 865 Plus

Qualcomm juga berencana untuk menampilkan logo Snapdragon Sound pada kotak kemasan perangkat ponsel dan audio yang mendukung teknologi ini.

Snapdragon Sound kabarnya akan diluncurkan pada beberapa bulan ke depan. Xiaomi dan Audio-Technica merupakan dua vendor pertama yang nantinya bakal mengusung teknologi Snapdragon Sound.

Qualcomm turut mengumumkan bahwa Snapdragon Sound hanya akan tersedia pada perangkat ponsel atau audio terbaru. Artinya, dukungan ini tidak akan hadir pada perangkat yang saat ini telah diluncurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com