Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gemscool Indonesia Tutup Semua Layanan 31 Maret

Kompas.com - 12/03/2021, 19:23 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gemscool

KOMPAS.com - Portal game online Gemscool mengumumkan akan menutup semua layanan miliknya di Indonesia pada 31 Maret 2021 mendatang. Kabar ini disampaikan langsung oleh Gemscool di halaman resminya.

Dalam tulisan "Gemscool Service Closure" tersebut, Gemscool juga turut menyampaikan terima kasih kepada para penggemarnya di Indonesia.

"Terima kasih atas seluruh dukungan yang kalian berikan dan menjadi teman perjalanan Gemscool di Indonesia selama ini," tulis Gemscool, Jumat (12/3/2021).

Sayangnya, Gemscool sendiri tidak memberikan informasi detail terkait alasan di balik penutupan layaanannya ini.

Gemscool merupakan portal sekaligus penerbit game online di Indonesia yang didirikan pada 2007 di bawah naungan PT Kreon.

Baca juga: Napi Kabur dari Penjara, Tertangkap Lagi berkat Game Call of Duty

Gemscool diklaim menjadi portal game online pertama di Indonesia. Pada 2012, Gemscool dilaporkan telah memiliki 25 juta pengguna yang terdaftar.

Gemscool sempat berjaya dengan membawa game online first person shooter Point Blank, ke Indonesia pada 2009 silam, sebelum kontrak game tersebut dialihkan kepada Garena. Namun, pada 2015, Gemscool harus kehilangan lisensi game Point Blank itu di Tanah Air.

Gemscool juga pernah menghadirkan beberapa game online lainnya di Indonesia, misalnya seperti Tree of Savior, DragonNest, Kritika Reboot, Atlantica Online, hinga Lost Saga.

Sebelum akhirnya mengumumkan menutup semua layanan miliknya, Gemscool memang sudah perlahan menutup beberapa service game dalam dua tahun terakhir terakhir.

Misalnya pada 2019, Gemscool menutup service game Tree of Savior dan DragonNest. Pada Juni 2020 lalu, giliran layanan game Lost Saga, Kritika Reboot, dan Atlantica Online yang ditutup oleh Gemscool.

Baca juga: Game Call of Duty Mobile Masuk Season 2, Ada Fitur Baru dari Versi PC

Sebagian besar game ditutup karena kontrak lisensi antara Gemscool dengan pihak pengembang memang telah berakhir, dan tidak dilakukan perpanjangan kontrak lisensi.

Khusus untuk game DragonNest, layanan game ini ditutup karena memang sepi peminat di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com