Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolom Komentar di Fleet Twitter Kini Bisa Dimatikan

Kompas.com - 13/03/2021, 14:00 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter menggelontorkan sebuah pembaruan untuk fitur Fleet. Kini, pengguna bisa menutup kolom komentar sebelum mengunggah konten di fitur tersebut.

Pembaruan ini bukanlah update besar. Namun dengan fitur ini, pengguna dapat mengontrol konten mana saja yang dapat dikomentari followers dan mana yang tidak. Pembaruan ini diumumkan oleh Twitter melalui akun resminya.

"Sekarang Anda dapat menonaktifkan opsi untuk mengirim reaksi emoji dan balasan teks ke Fleets Anda melalui DM," tulis Twitter dalam kicauannya.

Baca juga: Twitter Siapkan Tombol Undo Send untuk Batalkan Kicauan

Fitur baru ini berguna bagi pengguna Twitter yang sekiranya merasa risih atau terganggu apabila konten mereka dikomentari oleh pengguna lainnya.

Sebab, mungkin ada saja pengguna yang memberi respon negatif atau komentar buruk dari konten Fleet yang mereka lihat.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Sabtu (13/3/2021), fitur ini sudah bisa dicoba oleh pengguna aplikasi Twitter Android versi 8.84.0.

Cara menonaktifkan kolom komentar di Fleet cukup mudah. Pertama, klik gambar profil di pojok kiri atas untuk membuat konten Fleets terbaru.

Opsi mematikan kolom komentar unggahan di FleetsKOMPAS.com/ConneyStephanie Opsi mematikan kolom komentar unggahan di Fleets
Setelah menentukan konten apa yang akan diunggah, klik ikon tiga titik yang berada di bagian atas. Kemudian akan muncul toggle "Allow Reactions and Replies Via DM".

Anda cukup menggeser toggle tersebut untuk mengaktifkan atau menonaktifkan. Terakhir, klik tombol Fleet di pojok kanan atas untuk menggunggah konten tersebut.

Secara otomatis, orang lain tidak dapat mengomentari atau mengirim reaction pada unggahan Anda yang dibagikan.

Mematikan fitur komentar di fitur semacam Fleet ini bukanlah hal baru. Di Instagram, fitur tersebut sudah diadopsi lebih dulu oleh Instagram Stories sejak hadir pada Agustus 2016 lalu.

Baca juga: Pesaing Clubhouse dari Twitter Sudah Bisa Dijajal Pengguna Android

Twitter mengatakan bahwa fitur ini sementara baru tersedia bagi pengguna aplikasi berbasis Android. Sementara untuk pengguna iOS, fitur ini akan hadir dalam beberapa waktu ke depan.

Sebagai informasi, Fleet merupakan fitur baru di Twitter yang memungkinkan pengguna bisa mengunggah konten dalam jangka waktu terbatas, mirip dengan Instagram Stories.

Fitur ini mulai ramai digunakan banyak orang untuk membagikan foto atau video yang diambil langsung atau disimpan di galeri ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com