Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Photoshop Kini Bisa Dipakai di Apple Mac M1

Kompas.com - 14/03/2021, 08:02 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Karena dibuat untuk arsitektur prosesor Intel (x86), software pengolah gambar Adobe Photoshop selama ini berjalan dengan emulator Rosetta 2 di komputer Mac dan MacBook terbaru yang menggunakan prosesor M1 berbasis ARM.

Belakangan, Adobe mengumumkan bahwa Photoshop versi terbaru sudah bisa berjalan secara native di komputer Mac M1 tanpa butuh bantuan emulator.

Baca juga: Mengenal Apple M1, Chip ARM Pengganti Intel di MacBook Terbaru

Kinerjanya pun diklaim ikut mengalami peningkatan sebesar 1,5 lebih tinggi dibandingkan "sistem dari generasi sebelumnya dengan konfigurasi serupa" dalam melakukan hal-hal seperti membuka dan menyimpan file, menerapkan filter, dan Select Subject.

"Benchmark awal kami juga menunjukkan bahwa beberapa operasi dapat dijalankan lebih cepat dengan chip baru ini (M1)," ujar Vice President Photoshop Adobe, Pam Clark, di sebuah blog berisi pengumuman.

Tak dijelaskan sistem mana yang dijadikan pembanding kinerja, tapi Adobe kemungkinan mengacu pada Mac keluaran 2019 yang masih menggunakan prosesor Intel, seperti dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Minggu (14/3/2021).

Meski demikian, untuk saat ini masih ada beberapa fitur yang belum bisa dijalankan di Adobe Photoshop versi native M1, seperti Preset Sync dan filter Shake Reduction. Daftar selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Baca juga: Apple Luncurkan MacBook Air, Pro, dan Mac Mini dengan Chip ARM

Apple memperkenalkan lini komputer Mac berbasis chip M1 buatannya sendiri pada November 2020. Tiga model pertama yang dibekali prosesor berbasis arsitektur ini adalah MacBook Air M1, MacBook Pro M1, dan Mac Mini.

Karena menggunakan arsitektur berbeda dari prosesor Intel yang sebelumnya digunakan di komputer Mac sejak 2006, aplikasi-aplikasi pun harus berjalan di komputer M1 dengan bantuan emulator Rosetta 2 sebelum nanti sepenuhnya beralih dan berjalan secara native.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com