Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Oppo Reno5 Wajib Tahu 5 Fitur Gaming Ini

Kompas.com - 15/03/2021, 13:03 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah ponsel Oppo yang dilapisi dengan tampilan antarmuka (UI) teranyar Color OS 11.1 dibekali dengan sejumlah fitur anyar yang bisa dipakai untuk memaksimalkan pengalaman bermain game.

Perlu dicatat, untuk menggunakan beragam fitur gaming ini, smartphone Oppo pengguna sejatinya harus menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 yang sudah dilapisi dengan ColorOS 11.1.

Sejumlah ponsel Oppo teranyar, yaitu Reno5, Reno5 5G, serta deretan smartphone flagship Find X3 Series sudah mendukung OS dan UI demikian.

Tidak menutup kemungkinan ponsel Oppo lainnya juga bakal diperbarui dengan ColorOS 11.1 di kemudian hari.

Ada lima fitur anyar yang bisa digunakan oleh gamer pengguna Oppo Reno5yang sudah menggunakan ColorOS 11.1. Fitur tersebut yakni Performance Mode, Gaming Shortcut Mode, Bullet Screen Message, Game Focus Mode, dan Adjustable Gaming Touch. Lantas, apa saja fungsi-fungsinya?

Performance Mode

Ilustrasi fitur Performance Mode di ColorOS 11.1.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi fitur Performance Mode di ColorOS 11.1.

Seperti namanya, fitur Performance Mode memungkinkan pengguna untuk mengatur performa ponsel sesuai kebutuhan. Ada tiga opsi yang bisa dipilih, yaitu Competition Mode, Balanced Mode, dan Low Power Mode.

Competition Mode mengizinkan sebuah game untuk menggunakan seluruh resource memori ponsel untuk performa gaming yang maksimal. Biasanya, opsi ini membuat suhu ponsel cepat panas.

Apabila tidak ingin terlalu panas, pengguna bisa memilih opsi Balanced Mode yang mengedepankan temperatur hardware

Nah, jika sisa baterai sedikit, pengguna juga masih bisa bermain game dengan memilih opsi Low Power Mode. Namun, performa game di mode ini mungkin saja bakal berpengaruh karena penggunaan memori dibatasi.

Gaming Shortcut Mode

Ilustrasi fitur Gaming Shortcut di ColorOS 11.1.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi fitur Gaming Shortcut di ColorOS 11.1.

Gaming Shortcut Mode memungkinkan pengguna meluncurkan berbagai game yang sering dimainkan dengan cepat tanpa harus melewati layar tunggu (loading screen).

Apabila fitur ini aktif, ponsel nantinya bakal menyimpan tampilan game terakhir yang pengguna lihat sebelum mereka kembali ke tampilan layar utama (home screen) ponsel.

Nah, ketika dijalankan kembali, sistem lantas bakal menyodori tampilan terakhir sesaat mereka meninggalkan game tersebut.

Uniknya, ketika berada dalam suatu game yang mendukung, pengguna juga bakal disuguhkan dengan sebuah bubble yang menginformasikan status pemain di game tersebut.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com