Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekaman Penerbangan Ungkap Aktivitas Jack Ma Selama Menghilang

Kompas.com - 16/03/2021, 07:35 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri Alibaba Jack Ma masih menghilang dari publik setelah mengkritik pemerintah China pada Oktober 2020. Dia sempat muncul dalam sebuah telekonferensi pada Januari lalu, tapi tak banyak yang diketahui soal keberadaannya.

Belakangan, rekaman catatan penerbangan dari Radarbox memperlihatkan bahwa Ma ternyata masih menggunakan pesawat jet Gulfstream pribadinya dan bepergian ke beberapa tempat selama menghilang.

Kendari demikian, frekuensi perjalanannya berkurang drastis. Pada Agustus hingga Oktober 2020, frekuensi penerbangan Ma rata-rata tiga hari sekali. Mulai November 2020 hingga Februari 2021, dia hanya terbang seminggu sekali.

Baca juga: Jack Ma Akhirnya Muncul Kembali, Setelah Menghilang 3 Bulan

Satu hari usai pidato kontroversial di Shanghai pada akhir Oktober 2020, Ma langsung terbang menggunakan jet pribadinya ke pusat pemerintahan China di Beijing dan bermalam di sana selama empat hari.

Pada 1 November 2020, Ma kemudian kembali pergi ke Beijing selama dua minggu usai mengunjungi kediamannya di Hangzhou. Pemerintah China kemudian mengeluarkan regulasi baru yang membuat IPO Ant Group -perusahaan fintech milik Ma- dibatalkan.

Aktivitas Ma kembali terlacak pada hari Natal, setelah regulator keuangan China secara terbuka memanggil Ant Group untuk melakukan diskusi kedua terkait peraturan "pengawasan keuangan, persaingan yang sehat, dan perlindungan konsumen".

Pada akhir Januari 2021, jet pribadi Ma terlihat kembali bertengger di bandara Beijing saat Ant Group dan regulator China menyusun rencana restrukturisasi yang telah disetujui secara privat.

Kemudian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Financial Times, Selasa (16/3/2021). pada Februari 2021, Jack Ma sempat terlihat bermain golf di sebuah resor yang terletak di kota Hainan.

Baca juga: Drama Jack Ma, Kritik Pemerintah, Diisukan Tewas, hingga Muncul di Video 50 Detik

Aktivitas bepergian dengan pesawat yang dilakukan Ma selama menghilang kontras dengan aktivitas pria berusia 56 tahun ini sebelumnya, saat dia sering berkeliling China untuk menerima penghargaan dan bersosialisasi dengan pejabat setempat.

Pada akhir Agustus 2020 lalu, Ma sempat terbang ke Beijing untuk menerima penghargaan dari pemerintah Yordania atas bantuannya memerangi Covid-19. beberapa hari kemudian, Ma  mengudara ke Kunming, di mana ia membuka kampus baru untuk sekolah bisnisnya.

Kemudian, pesawat Ma juga terekam berada di Dali, sebelum dia kembali ke Hangzhou untuk berpidato saat pembukaan tahun ajaran baru sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com