Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus, Fiturnya Sudah Aktif di Indonesia

Kompas.com - 18/03/2021, 17:18 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Februari lalu, Instagram menggulirkan fitur baru bernama "Recently Deleted". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengembalikan unggahan yang telah dihapus.

Saat digulirkan pertama kali, belum semua pengguna bisa langsung menjajalnya karena biasanya fitur baru digulirkan secara bertahap oleh Instagram. Kala itu banyak pengguna di Indonesia juga belum mendapatkan fitur Recently Deleted ini.

Namun melalui pembaruan Instagram tanggal 15 Maret 2021 untuk versi 179.0.0.31.132 di Android, fitur ini sudah bisa digunakan secara luas oleh pengguna Instagram di Tanah Air.

Fitur Recently Deleted ini dapat digunakan untuk memulihkan unggahan foto dan video di feed, Stories, IGTV, dan Reels yang baru dihapus.

Untuk mengembalikan konten Instagram Stories, Instagram memberikan waktu 24 jam sejak konten tersebut dihapus. Sementara konten lain yang muncul di feed, seperti foto, video, Reels, ataupun IGTV, bisa dipulihkan maksimal 30 hari setelah dihapus.

Instagram mengungkapkan, fitur baru ini menjadi solusi ketika pengguna tidak sengaja menghapus foto atau video penting miliknya di Instagram. Atau, ketika ada hacker yang sengaja menghapus unggahan pengguna.

"Kami tahu, terkadang hacker menghapus konten ketika mereka mendapat akses ke akun Anda, dan hingga saat ini orang-orang tidak punya cara untuk mendapakan foto atau video mereka kembali dengan mudah," kata Instagram di blog resminya.

Instagram Recently DeletedInstagram Instagram Recently Deleted

Baca juga: 20 Aplikasi yang Paling Banyak Melacak Pengguna, Instagram Teratas

Cara memulihkan konten

Fitur "Recently Deleted" bisa ditemukan dengan membuka profil Instagram, kemudian ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas.

Lalu, pilih "Setting" > "Recently Deleted" > pilih unggahan yang ingin dipulihkan > "More" > "Restore".

Setelah mengklik opsi "Restore" atau pulihkan, pengguna perlu melakukan proses verifikasi identitas dengan memasukkan kode keamanan yang dikirimkan melalui SMS atau e-mail. Setelah itu klik "confirm".

Proses verifikasi ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa pemilik akun sendirilah yang memulihkan konten yang telah dihapus dan bukan orang lain yang bisa saja memiliki tujuan tak terpuji.

Pengguna perlu melakukan verifikasi identitas untuk memulihkan atau menghapus konten yang ada di fitur baru Recently Deleted Instagram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Pengguna perlu melakukan verifikasi identitas untuk memulihkan atau menghapus konten yang ada di fitur baru Recently Deleted Instagram.

Proses verifikasi identitas ini juga berlaku apabila pengguna ingin menghapus konten di Recently Deleted secara permanen.

Kendati telah dihapus permanen, Instagram mengatakan, salinan unggahan masih akan disimpan hingga 90 hari di penyimpanan cadangan sebelum benar-benar dihapus.

Penyimpanan cadangan dibutuhkan Instagram untuk memulihkan data jika ada bencana, kerusakan di perangkat lunak, atau kejadian kehilangan data lainnya.

Informasi ini juga disimpan untuk keperluan lain, seperti masalah hukum, pelanggaran ketentuan, atau upaya pencegahan tindak berbahaya.

Baca juga: Marak WA Kena Hack, Ini 3 Langkah agar Akun WhatsApp Kebal Peretasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com