Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diuji, Asus ROG Phone 5 Ternyata Rawan Patah Saat Ditekuk

Kompas.com - 19/03/2021, 12:03 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asus resmi meluncurkan smartphone gaming ROG Phone 5, ROG Phone 5 Pro, dan ROG Phone 5 Ultimate pada 10 Maret lalu.

Meski umurnya belum genap dua minggu, model terbawah dari ketiga ponsel tersebut, yakni ROG Phone 5 langsung "disiksa" oleh YouTuber bernama Zack Nelson, atau yang lebih dikenal dengan nama kanal JerryRigEverything.

Zack sendiri diketahui kerap membuat video untuk menguji ketangguhan bodi sebuah ponsel. Nah, dalam video teranyarnya, Zack menyimpulkan bahwa ROG Phone 5 ternyata memiliki bodi yang ringkih lantaran mudah ditekuk.

Baca juga: Asus ROG Phone 5, ROG Phone 5 Pro, dan ROG Phone 5 Ultimate Resmi Meluncur

Ponsel dengan banderol 1.000 euro atau lebih dari Rp 17 juta ini sudah bengkok di uji coba bend test pertama ketika Zack menekuknya dengan kedua ibu jari bertumpu di layar. Selain bodinya jadi melengkung, vibrator ROG Phone 5 pun rusak dan mengeluarkan bunyi berdesis.

"Ada retak yang cukup signifikan di garis antenanya," ujar Zack. Dari pengamatannya, dia menyimpulkan bahwa garis antena di frame samping itu merupakan titik lemah dari struktur bodi ROG phone 5.

Ilustrasi ROG Phone 5 yang bengkok saat pengujian bend test.Youtube/JerryRigEverything Ilustrasi ROG Phone 5 yang bengkok saat pengujian bend test.

Saat coba ditekuk lagi, kerusakan bertambah parah. Retakan melebar dan bodi semakin bengkok, layar pun jadi mati sama sekali.

Zack kemudian membalik ponsel yang sudah rusak parah itu dan menekuknya dengan dua jempol bertumpu di punggung. Kali ini ROG Phone 5 benar-benar porak poranda. Diiringi bunyi patah, bagian punggung ponsel itu mengalami retak di mana-mana.

Dari sini Zack menemukan satu lagi titik lemah, yaitu di frame pinggir, bagian tengah, yang memuat port USB C tambahan dan konektor aksesori. Di situlah terlihat patahan di bodi ROG Phone 5.

Baca juga: Ketika iPhone SE 2020 Disilet, Dibakar, dan Ditekuk

"Saya sudah melakukan tes ini (uji menekuk dengan tangan) terhadap ratusan ponsel selama 6 tahun terakhir, kebanyakan dari mereka lolos," ujar Zack di videonya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (19/3/2021).

Sebelumnya, Sony Xperia Pro, Samsung Galaxy S21 Ultra, dan Xiaomi Mi 11 lolos pengujian tersebut dan masih kokoh ketika dibengkokkan oleh kedua tangan Zack, baik dari sisi depan maupun belakang.

Zack mengatakan di video berikutnya dia akan membongkar ROG Phone 5 untuk coba menemukan apa yang menjadi kelemahan struktur bodi ponsel tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com