Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy A52 dan A72 Bersertifikasi IP67, Aman Direndam Air dan Disemprot Disinfektan

Kompas.com - 22/03/2021, 14:31 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua smartphone seri A terbaru dari Samsung, Galaxy A52 dan Galaxy A72 dibekali fitur ketahanan air (water resistant) dan debu (dust resistant) bersertifikasi IP67.

Dengan sertifikasi tersebut, kedua ponsel ini diklaim mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Peringkat IP67 itu sendiri merupakan standar internasional dalam menentukan kualitas sebuah produk dari aspek ketahanan perangkat terhadap air dan debu.

Menurut Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi kemampuan anti-air ini ada kaitannya dengan segmen yang disasar, yaitu Generasi Z dan millenial.

Generasi Z disebut Samsung memiliki produktivitas yang tinggi, khususnya bagi mereka yang gemar membuat kreasi konten.

"Fitur water and dust resistance IP67 pada Galaxy A52 dan Galaxy A72 menjadi salah satu fitur yang disambut sangat baik oleh Gen-Z dan millennial yang memiliki mobilitas tinggi dan gemar berkreasi tanpa batas," kata Irfan.

Baca juga: Galaxy A52, Penerus Smartphone Android Paling Laris di Dunia

Fitur water resistant di Samsung Galaxy A52 dan Galaxy A72Samsung Indonesia Fitur water resistant di Samsung Galaxy A52 dan Galaxy A72

Artinya, pengguna tidak perlu khawatir jika ingin merekam foto/video dalam kondisi hujan, atau mengabadikan momen saat berada di dalam air (menyelam).

Seperti misalnya menangkap objek yang berada dekat dengan genangan air atau mengambil gambar di permukaan kolam.

Di masa pandemi, fitur ini juga bermanfaat ketika pengguna ingin membersihkan smartphone dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh bodi ponsel.

Fitur water resistant di Samsung Galaxy A52 dan Galaxy A72Samsung Indonesia Fitur water resistant di Samsung Galaxy A52 dan Galaxy A72

Selain itu, kapasitas baterai yang dimiliki oleh Galaxy A52 (4.500 mAh) dan Galaxy A72 (5.000 mAh) membuat durasi penggunaan menjadi lebih lama, sehingga mampu mendukung produktivitas penggunanya yang tak bisa lepas dari smartphone.

Tak ketinggalan, kamera utama dengan resolusi 64 MP (f/1.8) juga diklaim dapat menghasilkan foto yang lebih detail.

Baca juga: Membandingkan Spesifikasi dan Fitur Samsung Galaxy A32, A52, serta A72

Dari segi hardware, chipset yang diusung Galaxy A52 dan Galaxy A72 adalah Snapdragon 720G (fabrikasi 8 nm).

Soal display, layar kedua ponsel ini juga sudah dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 dan memiliki tingkat kecerahan hingga 800 nits.

Di Indonesia, Samsung membanderol Galaxy A72 varian (8 GB/128 GB) dengan harga Rp 6 juta. Sedangkan, model (8 GB/256 GB) dipatok seharga Rp 6,4 juta.

Adapun Galaxy A52 dilego dengan harga Rp 5 juta untuk model (8 GB/128 GB) dan Rp 5,4 untuk varian (8 GB/256 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com