Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2021, 16:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Di ajang CES 2021 pada awal tahun ini, LG sempat menampilkan video konsep smartphone layar gulung, LG Rollable yang kabarnya akan dijual pada akhir 2021 ini.

Namun laporan terbaru menyebutkan bahwa LG kemungkinan lebih memilih untuk menutup bisnis smartphone miliknya, ketimbang harus menjualnya ke perusahaan lain.

Kabar ini dilaporkan oleh media Korea Selatan, DongA Ilbo, dengan mengutip sumber yang dekat dengan industri, dan tidak mau disebut namanya.

Baca juga: LG Disebut Akan Jual Bisnis Smartphone ke Perusahaan Vietnam

Sebelumnya pada Januari 2021, LG sempat dikabarkan ingin menjual bisnis ponselnya ke salah satu perusahaan konglomerasi asal Vietnam, Vingroup Co.

Nama perusahaan otomotif asal Jerman, Volkswagen AG juga sempat disebut-sebut menjadi incaran LG untuk menjual bisnis smartphone miliknya. Namun agaknya negosiasi dengan dua perusahaan ini gagal.

Laporan DongA Ilbo juga menyebutkan bahwa LG sudah menghentikan pengembangan ponsel layar lipat miliknya, dan menunda seluruh rencana peluncuran ponsel baru di paruh pertama 2021, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Senin (22/3/2021).

Memo CEO soal nasib perusahaan

Sebelum rumor soal penjualan dan penutupan bisnis smartphone LG, pada Januari juga, CEO LG Kwon Bong-seok lebih dahulu dilaporkan telah mengirimkan memo kepada karyawannya secara internal.

Memo tersebut menyatakan bahwa perusahaan akan membuat perubahan arah untuk bisnis smartphone, karena persaingan perangkat mobile di pasar global semakin ganas.

Baca juga: Tanda-tanda LG Menyerah dari Bisnis Smartphone

"Perusahaan mempertimbangkan segala langkah yang mungkin dilakukan, termasuk penjualan, penarikan, dan pengurangan bisnis smartphone," begitu isi memo yang telah dikonfirmasi pihak LG bahwa memo tersebut adalah asli.

Laporan DongA Ilbo menyebutkan, LG kemungkinan akan mengumumkan keputusan terkait nasib bisnis smatphone LG kepada para karyawan, secepatnya pada awal April mendatang.

Kabar LG Electronics yang menyerah di bisnis smartphone memang santer terdengar beberapa waktu belakangan ini.

Ponsel LG sudah keluar dari daftar tujuh besar vendor global, menurut survey Counterpoint. LG kalah bersaing dengan vendor-vendor ponsel China. Namun di pasar AS, LG masih memiliki porsi 9 persen pangsa pasar pada kuartal IV-2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com