Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Ingin Beli Discord Rp 142 Triliun

Kompas.com - 23/03/2021, 12:10 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft dikabarkan berencana mengakuisisi layanan media sosial berbasis audio chat, Discord dengan mahar senilai 10 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 143 triliun.

Menurut laporan Bloomberg, Microsoft kabarnya telah berdiskusi dan bernegosiasi dengan Discord mengenai proses akuisisi itu.

Laporan lainnya mengklaim bahwa pembicaraan yang dilakukan masih dalam tahap awal. Artinya, belum ada kesepakatan resmi antara Microsoft dan Discord terkait akuisisi tersebut.

Chief Microsoft Xbox, Phil Spencer kabarnya juga telah berkomunikasi dengan Discord untuk membahas proses akuisisi ini lebih lanjut.

Baca juga: Cara Pakai Discord di Smartphone dan PC untuk Main Game dengan Teman

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Windows Central, Selasa (23/3/2021), apabila Microsoft benar mengakuisisi Discord, hal ini diprediksi akan memperbesar skala bisnis Microsoft, khususnya di industri gaming.

Aplikasi voice chat itu bisa diintegrasikan dengan layanan-layanan gaming Microsoft, atau bisa juga Discord tetap berdiri sendiri sebagai entitas terpisah.

Hingga kini, baik Microsoft maupun Discord belum memberikan pernyataan resmi terkait akuisisi yang dimaksud.

Sebagai informasi, Discord adalah aplikasi voice chat gratis yang bisa dipakai untuk berkomunikasi. Discord biasanya digunakan oleh para pemain game online saat main bareng.

Di kalangan gamers secara umum, Discord sendiri dipakai sebagai alat komunikasi alternatif. Sebab, tak sedikit game yang mereka mainkan memiliki in-game voice chat, dengan kualitas yang buruk.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Clubhouse Disukai oleh Pengguna

Sebagai contoh, aplikasi Discord terdongkrak popularitasnya kala game Among Us booming. Pemain Among Us menggunakan aplikasi voice chat ini untuk mengobrol dan berkoordinasi sembari main game.

Discord sendiri tersedia untuk perangkat Windows, Linux, Mac, Android, dan iOS. Aplikasi tersebut bisa diunduh di tautan berikut https://discord.com/download.

Pengguna pun bisa bercakap-cakap dengan teman sembari bermain game, meski mereka memasang Discord di perangkat yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com