Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Dana Mengeluh Tidak Bisa Transfer dan Tarik Saldo

Kompas.com - 24/03/2021, 08:48 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna aplikasi dompet digital (e-wallet) Dana melaporkan kendala dengan fitur transfer dan tarik saldo di akun miliknya.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Rabu (24/3/2021) pagi ini, keluhan itu ramai dicuitkan lewat media sosial Twitter sejak Senin (22/3/2021) lalu.

Pengguna melaporkan gangguan ini ke akun Twitter resmi Dana, dengan menyebut (mention) akun @danawallet.

Baca juga: Ovo dan Dana Disebut Sepakat Merger Demi Lawan GoPay

Sebagian dari pengguna Dana mengaku bahwa hingga saat ini, mereka tidak dapat melakukan transfer uang maupun saldo antar-bank.

Ada juga pengguna Dana yang mengeluhkan dirinya tidak bisa menarik dan menggunakan saldo mereka untuk melakukan transaksi. Bahkan masalah ini sudah terjadi sejak kemarin.

KompasTekno telah menghubungi pihak Dana untuk mengonfirmasi kendala yang dikeluhkan pengguna Dana. Namun hingga berita ini ditayangkan, Dana belum memberikan respons.

Update 24 Maret 2021, 16.17 WIB: Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Indonesia mengatakan kepada KompasTekno bahwa Dana memang sedang melakukan update dan berimbas pada beberapa pengguna OS versi tertentu.

"Sabar ya. Ini segera selesai dalam waktu dekat sehingga teman-teman yang terimbas bisa melakukan pengiriman dana dengan nyaman kembali," ujar Agustina melalui pesan singkat kepada KompasTekno.

"Ini beberapa yang terimbas sudah balik normal. Kami terus memantau dan pastikan semua aman," lanjut Agustina.

Baca juga: 10 Layanan Dompet Digital di Indonesia, Siapa Paling Populer?

Sebagai informasi, Dana merupakan aplikasi dompet digital yang digunakan untuk bertransaksi non-tunai. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mentransfer uang yang telah di top-up ke akun sesama pengguna.

Namun, pengguna yang mentransfer harus meregistrasi informasi pribadinya terlebih dahulu, termasuk data KTP dan KK.

Selain membayar tagihan, pulsa, tiket, dan lain-lain, aplikasi Dana juga bisa digunakan sebagai dompet digital untuk menyimpan uang e-money di akun yang terdaftar di layanan tersebut.

Baca juga: Aplikasi Android Error dan Crash Akibat WebView, Ini Solusinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com