Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sebab Oppo Pakai Chip MediaTek di Reno5 F

Kompas.com - 24/03/2021, 18:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo akhirnya resmi meluncurkan model terakhir dari seri ponsel Reno5 di pasar Indonesia. Model tersebut adalah Reno5 F.

Dari spesifikasinya, Oppo Reno5 F berada di posisi paling bawah jika dibanding dengan varian Reno5 dan Reno5 5G, yang lebih dulu dirilis di Indonesia pada Januari lalu. Namun Oppo mengklaim Reno 5F tetap memberikan performa lebih baik.

"Perangkat ini menawarkan sebuah performa yang berbeda, performa yang lebih baik, dan berbagai macam konfigurasi perangkat keras yang terbaik di kelasnya," kata Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia dalam acara peluncuran virtual, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo Reno5 F di Indonesia

Aryo menambahkan sektor perangkat keras (hardware) menjadi salah satu pembeda Reno5 F dari dua saudaranya. Berbeda dengan Reno5 dan Reno5 5G yang mengusung chip Qualcomm, Reno5 F ditenagai chipset Mediatek Helio P95.

Chip yang sama juga mengotaki Reno4 F yang dirilis Oppo tahun lalu. Namun, Oppo punya alasan sendiri mengapa tetap mengandalkan chipset Mediatek Helio P95 untuk Reno5 F. Aryo mengatakan Helio P95 dipilih karena sesuai dengan kebutuhan perangkat Reno5 F.

"Karena banyak fitur berbasis AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan), kami memilih Helio P95 karena memiliki (chip) AI yang cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan fitur yang ada di Reno5 F," jelas Aryo.

Aryo mengklaim dengan Mediatek Helio P95, kecepatan Reno5 F akan meningkat 30 persen dibanding chipset generasi sebelumnya. Selain itu, ponsel ini akan memiliki touch delay yang lebih rendah, sekitar 13,75 persen, sedangkan respon tombol lebih cepat 41,4 persen.

Aryo menambahkan, Mediatek Helio P95 adalah salah satu chipset terbaik untuk menunjang kinerja berbasis kecerdasan buatan.

Ia menambahkan bahwa Mediatek Helio P95 juga memiliki satu fitur yang sangat dibutuhkan untuk gaming yaitu akselerasi saluran ganda antara WiFi dan koneksi 4G.

Seperti Reno4 F, chipset Mediatek Helio P95 dipadu dengan RAM 8 GB LPDDR4X serta memori internal 128 GB yang bisa diekspansi hingga 256 GB dengan microSD. Kendati prosesornya sama, Reno5 F tetap memiliki beberapa spesifikasi yang berbeda dibanding Reno4 F.

Baca juga: Akhirnya Mediatek Ungguli Qualcomm untuk Pertama Kalinya

Seperti kamera depan yang kini hanya tunggal, namun resolusinya lebih besar yakni 32 MP.
Di Reno4 F, kamera depan terdiri dari dua sensor, masing-masing beresolusi 16 MP dan 2 MP.

Baterainya juga lebih besar, yakni 4.310 mAh yang kini didukung pengisi daya cepat VOOC Flash Charge 4.0 30 watt. Meningkat dari Reno4 F, kini Reno5 F menjalankan sistem operasi Android 11 berlapis antarmuka ColorOS 11.1.

Untuk spesifikasi lainnya, masih identik. Seperti spesifikasi layar yang berbentang 6,43 inci. Kemudian empat kamera belakang pun sama, masing-masing beresolusi 48 MP kamera utama, 8 MP kamera ultrawide, 2 MP makro, dan 2 MP mono.

Ada dua warna Oppo Reno5 F yang tersedia, yakni Fluid Black (hitam) dan Fantastic Purple. Reno5 F dijual dengan harga Rp 4.299.000. Oppo akan menggelar flash sale 27 Maret - 1 April di Lazada, lalu penjualan perdananya akan digelar mulai 2 April 2021 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com