Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Samsung Galaxy A72

Kompas.com - 24/03/2021, 20:34 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung pekan lalu meresmikan kehadiran trio ponsel kelas menengah terbarunya di Indonesia, Galaxy A32, A52, dan A72. Dari ketiganya, Galaxy A72 menduduki posisi teratas sehingga menjadi andalan baru Samsung di papan tengah.

Ponsel penerus Galaxy A71 ini menghadirkan penigkatan di sejumlah aspek. Bagian layar, misalnya, sekarang mendukung refresh rate setinggi 90 Hz.

Samsung juga mengganti kamera depth sensor pada Galaxy A71 menjadi kamera telefoto (8 MP, f/2.4, optical zoom 3x) yang lebih berguna di Galaxy A72.

Baca juga: Unboxing dan Hands-on Samsung Galaxy A32 Harga Rp 3 Jutaan

Tampilan luar Galaxy A72 ikut dirombak dan kini menawarkan pilihan warna "Awesome Black" dengan corak hitam bertekstur kesat (matte), mirip varian "Phantom Black" di saudaranya, Galaxy S21 Ultra.

Layar Galaxy A72 yang menggunakan panel Super AMOLED 6,7 inci kini mendukung refresh rate 90 HzKOMPAS.com/ OIK YUSUF Layar Galaxy A72 yang menggunakan panel Super AMOLED 6,7 inci kini mendukung refresh rate 90 Hz

Berdasarkan pengalaman KompasTekno menjajal kedua ponsel, bagian punggung Galaxy A72 terasa kesat di genggaman, tidak licin dan rawan jatuh seperti Galaxy S21 Ultra.

Mungkin hal ini disebabkan oleh punggung Galaxy A72 yang berbahan plastik, bukan berlapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Baca juga: Melihat Perbedaan Kamera Samsung Galaxy A32, A52, dan A72

Berbeda pula dari lini Galaxy S21 yang sebenarnya diposisikan lebih tinggi sebagai flagship, Galaxy A72 masih menyertakan pengisi daya berjenis Super Fast Charger dengan keluaran daya mencapai 25 watt di dalam kotak kemasan.

Pembelinya pun tak perlu merogoh kocek lebih dalam sekadar untuk mendapatkan fasilitas fast charging.

Super Fast Charger dengan keluaran daya 25 watt di kemasan Samsung Galaxy A72. Tipe konektornya adalah USB C
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Super Fast Charger dengan keluaran daya 25 watt di kemasan Samsung Galaxy A72. Tipe konektornya adalah USB C

Meski demikian, kemasan penjualan Galaxy A72 terkesan jauh lebih minimalis dari sebelumnya. Earphone berkabel tak ada lagi. Selain charger, hanya ada kabel USB C to USB C,
SIM card ejector tool,
dan booklet quick start guide.

Penasaran? Isi kemasan dan penampilan Galaxy A72 selengkapnya dapat disimak dalam rangkaian foto di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com