Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Laku Terjual Rp 3,2 Miliar

Kompas.com - 25/03/2021, 18:01 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WCCF Tech

KOMPAS.com - Surat lamaran pekerjaan yang ditulis salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, dilaporkan laku terjual seharga 222.400 Dollar AS atau sekitar Rp 3,2 miliar dalam sebuah lelang yang digelar oleh Charterfields di London, Inggris.

Tidak disebutkan siapa pembeli surat lamaran Jobs yang dilelang tersebut. Dokumen itu hanya berupa selembar kertas berisi kuesioner yang diisi oleh Jobs dengan tulisan tangan.

Surat lamaran itu ditulis Jobs setelah dirinya keluar dari sekolah Reed College di Portland, Oregon, Amerika Serikat pada tahun 1973.

Baca juga: Sejarah Apple yang Tak Jadi Bangkrut karena Microsoft

Dalam aplikasinya, Jobs menuliskan keterampilannya di bidang komputer dan kalkulator. Ia juga menjabarkan kemampuannya di sektor teknologi elektronik dan design engineer.

Jobs menambahkan Bahasa Inggris sebagai salah satu bidang ilmu yang ia pelajari. Kolom alamat diisi dengan tulisan "Reed College", sekolah terakhir yang pernah diikutinya sejak ia berusia 18 tahun.

Surat lamaran pekerjaan pertama milik salah satu pendiri Apple, Steve Jobswccftech.com Surat lamaran pekerjaan pertama milik salah satu pendiri Apple, Steve Jobs

Saat itu Jobs sudah memiliki izin berkendara. Namun. ketika ditanya akses untuk transportasi, Jobs menjawab "mungkin tapi tak memungkinkan".

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WCCF Tech, Kamis (25/3/2021), kolom nomor telepon diisi Jobs dengan pernyataan "tidak ada".

Ada juga sertifikat yang menunjukan keaslian dari surat lamaran tersebut lengkap dengan tanda tangan Jobs di dalamnya.

Sayangnya, surat lamaran ini tidak mencantumkan keterangan yang menjelaskan posisi dan perusahaan apa yang dilamar oleh Jobs kala itu.

Baca juga: Profil Steve Jobs, Anak Imigran Muslim yang Mendirikan Apple

Tiga tahun setelah mengisi aplikasi tersebut tepatnya 1976, Steve Jobs mendirikan Apple bersama Steve Wozniak. Produk pertamanya adalah komputer bernama "Apple 1".

Ini bukan pertama kalinya surat lamaran pekerjaan milik Jobs dilelang dan laku terjual. Dokumen itu sempat laku dijual seharga 175.000 Dollar AS dalam sebuah lelang yang digelar oleh RR Auction di Amerika Serikat pada 2018 lalu.

Pembeli surat lelang Jobs saat itu adalah seorang pengusaha bisnis internet asal Inggris yang namanya tidak disebutkan.

Di sisi lain, harga tinggi surat lamaran pekerjaan Jobs memperlihatkan bahwa sosok almarhum pendiri Apple yang meninggal dunia karena kanker pada 2011 lalu itu masih berpengaruh hingga sekarang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WCCF Tech


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com