Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moonton Dibeli TikTok, Bagaimana Nasib Game Mobile Legends?

Kompas.com - 26/03/2021, 16:18 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Beredar kabar bahwa Moonton dibeli oleh TikTok. Pengembang game Mobile Legends itu memang akan diakuisisi oleh ByteDance, selaku perusahaan induk TikTok, melalui unit usahanya yang bergerak di bisnis game, Nuverse.

Mobile Legends besutan Moonton merupakan game populer di Asia Tenggara. Di Indonesia, Mobile Legends menduduki urutan pertama game mobile terpopuler berdasarkan jumlah pemain, menurut data Hootshuite dan We Are Social yang dirilis beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Dia 10 Game Mobile Terpopuler di Indonesia

Bagaimana dengan kelanjutan game Mobile Legends pasca Montoon dibeli TikTok ? Untuk sementara waktu, para pemain agaknya bisa bernafas lega.

Pasalnya dalam sebuah memo internal yang dibocorkan oleh sumber anonim, CEO Moonton, Yuan Jing kabarnya mengatakan bahwa perusahaan tersebut akan tetap beroperasi secara independen setelah diakuisisi.

Mobile Legends pun kemungkinan akan terus dikembangkan di waktu mendatang, meski rencana ByteDance terhadap game ini masih belum diketahui.

Yang jelas, Mobile Legends akan menjadi salah satu 'arsenal' Bytedance dalam melebarkan sayapnya ke industri game melalui Nuverse.

Baca juga: 5 Hero Mobile Legends yang Jadi Andalan Peserta MPL ID Season 7

Perusahaan ini akan berhadapaan dengan Tencent, perusahaan video game dan media sosial terbesar di China yang jjuga memiliki sejumlah judul game populer seperti Honor of Kings dan League of Legends.

Moonton sendiri didirikan oleh mantan karyawan Tencent. Sebelum setuju diakuisisi pemilik TikTok, Moonton kabarnya sempat ditawar oleh Tencent, tapi tawaran itu kemudian disamai oleh Bytedance.

Nilai akuisisi Moonton oleh TikTok tidak disebutkan. Namun, menurut sumber yang berbicara kepada Reuters, angkanya diperkirakan mencapai kisaran 4 milliar dollar AS (sekitar Rp 57,4 triliun), sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (26/3/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com