Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek iPhone Resmi atau BM dengan Nomor IMEI

Kompas.com - 29/03/2021, 11:25 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Setiap smartphone yang dijual di pasaran memilik nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang menjadi nomor identitas perangkat.

Nomor ini dipakai oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang tersambung ke jaringannya. Di Indonesia, nomor IMEI juga dijadikan acuan untuk melihat apakah ponsel tersebut merupakan barang yang masuk lewat jalur resmi atau ilegal (BM).

Jika IMEI tidak terdaftar, ponsel terindikasi merupakan barang ilegal alias black market, dan berpotensi diblokir dari layanan seluler di Indonesia.

Baca juga: Aturan IMEI Berlaku, Vendor Smartphone Mana yang Diuntungkan?

Pemilik ponsel BM tidak akan bisa terhubung dengan koneksi seluler, sehingga ponsel tidak bisa dipakai internet, menelepon, atau berkirim SMS.

Berikut cara mengecek nomor IMEI iPhone untuk mengidentifikasi apakah iPhone milik pengguna merupakan produk resmi dan bukan perangkat BM, seperti dihimpun KompasTekno dari laman support Apple, Senin (29/3/2021).

  • Cek IMEI iPhone di punggung
    Nomor IMEI yang terukir di punggung iPhone menandai bahwa iPhone merupakan produk asli Apple.Support Apple Nomor IMEI yang terukir di punggung iPhone menandai bahwa iPhone merupakan produk asli Apple.
    ponsel. Nomor IMEI biasanya tertera di samping kemasan ponsel. Pengguna juga bisa menemukan nomor IMEI di bagian punggung iPhone dan slot kartu SIM.
  • Cek IMEI iPhone di pengaturan. Pengguna iPhone juga bisa melihat nomor identitas perangkatnya (IMEI) di pengaturan ponsel. Caranya buka Settings > General > About This iPhone. Pengguna dapat menemukan nomor identitas perangkat di kolom berjudul "IMEI".

    Baca juga: Ingin Tahu Ponsel Anda BM atau Resmi? Begini Cara Mengeceknya

  • Cek IMEI iPhone dengan kode USSD. Pengguna juga bisa mengecek IMEI dengan menekan kode USSD *#06# di aplikasi dialler ponsel untuk mengecek IMEI iPhone. Ketika tanda pagar terakhir diketikkan, maka informasi nomor IMEI akan muncul di layar ponsel.

Mengetahui iPhone Resmi atau BM di situs Kemenperin

Setelah mengetahui nomor IMEI di perangkat iPhone, pengguna bisa langsung mengecek apakah iPhone tersebut merupakan produk BM atau resmi. Pengguna hanya perlu mengunjungi laman resmi Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin).

Baca juga: Aturan IMEI Berhasil Tekan Peredaran Ponsel BM di Indonesia

Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka situs imei.kemenperin.go.id
  • Masukkan nomor IMEI perangkat tadi ke kolom "Cek IMEI".
  • Lalu klik simbol kaca pembesar.

Jika muncul tulisan "IMEI terdaftar di database Kemenperin" maka dapat dipastikan perangkat yang Anda miliki telah didistribusikan lewat jalur resmi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com