Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Siapkan Hadiah Rp 432 Juta untuk Penemu Celah Keamanan Teams

Kompas.com - 29/03/2021, 15:19 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Microsoft Security Response Center (MSRC) mengumumkan program bug bounty baru yang menawarkan sejumlah uang kepada hacker yang berhasil menemukan celah keamanan di layanan telekonferensi Teams.

Iming-iming jumlah hadiahnya mencapai 30.000 dollar AS atau sekitar Rp 432 juta.  Seperti program sejenis dari perusahaan lain, bug bounty ini bertujuan untuk mengindentifikasi masalah sekuriti pada layanan Microsoft Teams serta cara menanggulanginya.

Program Manager MSRC Lynn Miyashita mengatakan tawaran hadiah lewat program bernama Microsoft Applications Bounty Program itu merupakan bagian dari upaya untuk menjaga keamanan Teams, khususnya di sisi aplikasi desktop di perangkat pengguna.

Baca juga: Setahun WFH, Karyawan Kantor Pusat Microsoft Ngantor Lagi Minggu Depan

Karena itu, untuk bisa mengklaim hadiah, celah keamanan yang ditemukan harus bisa didemonstrasikan dan memiliki dampak langsung terhadap sekuriti pengguna Teams di dekstop.

"Kami (Microsoft) dan para peneliti keamanan di seluruh dunia terus bermitra untuk mengutamakan keamanan pelanggan layanan kami. Kami juga berkolaborasi dengan mereka khususnya mengenai teknologi yang kami gunakan," ujar Miyashita.

Microsoft Teams sendiri adalah aplikasi konferensi video yang merupakan bagian dari ekosistem Office 365. Sejak pandemi Covid-19 melanda berbagai negara, layanan ini digunakan untuk aktivitas pekerjaan jarak jauh.

Baca juga: Menengok Sejarah Microsoft, dari DOS hingga Windows dan Xbox

Selain untuk keperluan bekerja, kegiatan belajar mengajar juga bisa dilakukan secara online lewat Teams yang memungkinkan para penggunanya saling berbagi dokumen dan mengerjakan suatu tugas bersama-sama secara real-time.

Saat ini baru aplikasi Teams yang tercantum dalam Microsoft Applications Bounty Program. Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Senin (29/3/2021), Microsoft berniat mengikutsertakan aplikasi lain di kemudian waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Radar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com