Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple WWDC Tahun Ini Kembali Digelar Online

Kompas.com - 01/04/2021, 06:41 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Apple resmi mengumumkan jadwal acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2021. Ajang kumpul developer dan pengumuman OS baru Apple ini akan digelar selama lima hari, yakni mulai 7 hingga 15 Juni 2021.

Serupa dengan tahun sebelumnya, WWDC 2021 akan kembali diselenggarakan secara virtual alias online. Hal ini dilakukan demi mematuhi protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Kabar baiknya, acara tahunan Apple ini dapat disaksikan secara gratis oleh seluruh developer yang tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kebijakan ini berbeda dari tahun-tahun sebelum pandemi, di mana peserta WWDC akan dipungut biaya sebesar 1.600 dollar AS (sekitar Rp 23 juta) untuk membeli tiket masuk acara.

Baca juga: Teknologi dan Inovasi yang Dikenalkan Apple di WWDC 2020

Apple sendiri masih belum membeberkan informasi terkait produk-produk yang akan dihadirkan lewat WWDC 2021. Jika mengacu pada tradisi perusahaan, setiap tahunnya Apple akan mengumumkan deretan sistem operasi baru untuk seluruh perangkat buatannya.

Ilustrasi WWDC 2021Apple Ilustrasi WWDC 2021

Untuk tahun ini, Apple disinyalir akan mengungkap deretan sistem operasi baru, termasuk iOS 15, iPadOS 15, watchOS 8, macOS 12, dan tvOS 15. Kemungkinan besar, perusahaan asal Cupertino, AS ini juga akan merilis versi beta dari sistem operasi baru tadi.

Tidak menutup kemungkinan jika Apple akan turut menghadirkan beberapa lini iMac dan MacBook Pro terbaru. Terlebih, saat ini Apple tengah melakukan proses transisi pada lini prosesor Mac ke Apple Silicon.

Baca juga: Apple Rilis Update iOS Penting untuk iPhone

Apple dikabarkan tengah mengembangkan produk "mixed-reality headset" yang rencananya akan dirilis pada tahun 2022 mendatang. Sehingga, ada kemungkinan jika Apple bakal mengungkap sedikit informasi terkait produk baru ini pada WWDC 2021.

"Kami berupaya menjadikan WWDC21 sebagai acara terbesar dan terbaik, dan dengan senang hati menawarkan teknologi baru kepada para pengembang untuk mendukung mereka dalam menciptakan aplikasi yang dapat mengubah cara kita hidup, bekerja dan bermain,” kata Apple’s Vice President of Developer Relations, Susan Prescott.

Selain mengungkap produk-produk terbaru, seluruh kegiatan WWDC 2021 juga akan mencakup keynote dan acara State of Union, serta sesi pelatihan online untuk para pengembang.

Diprediksi sukses

Meski kembali digelar secara online, namun WWDC 2021 diprediksi akan menuai kesuksesan seperti tahun sebelumnya.

Prediksi ini mengacu pada WWDC 2020 lalu, di mana Apple untuk pertama kalinya mengubah konsep acara menjadi serba virtual.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (1/4/2021), WWDC 2020 berhasil menarik minat 22 juta penonton.

Apple juga sukses menyampaikan 72 jam konten video dan 4.500 pelatihan lab untuk seluruh pengembang yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com