Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Redmi Note 10 AMOLED tapi Fingerprint Masih di Samping, Xiaomi?

Kompas.com - 01/04/2021, 11:59 WIB
Conney Stephanie,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi baru saja memperkenalkan dua jagoan barunya di Indonesia, yakni Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro. Dua smartphone tersebut sama-sama dibekali layar berjenis AMOLED.

Meski sudah mengadopsi panel AMOLED, Redmi Note 10 Series masih menggunakan pemindai sidik jari (fingerprint scanner) di sisi samping bodi ponsel.

Padahal, smartphone yang berbekal display AMOLED umumnya sudah mendukung fitur pemindai sidik jari pada layar alias Fingerprint In Display.

Lantas, mengapa Xiaomi tidak meletakkan fitur keamanan tersebut ke bawah layar?

Menurut Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, keputusan itu tak lain dilatarbelakangi pertimbangan kenyamanan pengguna khususnya dari segi layar AMOLED yang pertama kali hadir di jajaran Redmi Note 10 Series.

"Pertama, kita (Xiaomi) ingin memberikan pengalaman untuk pengguna ketika mereka merasakan upgrade design layar AMOLED di Redmi Note 10 ini," tutur Alvin.

Selain itu, Alvin mengatakan bahwa, penempatan sensor fingerprint di sisi kanan bertujuan agar pengguna lebih menikmati fitur tersebut serta menambah sisi elegan yang ingin dihadirkan di seri Redmi Note 10.

"Kita mencoba untuk membawa desain yang elegan dari Redmi Note 10 Series dan kita percaya bahwa dengan side fingerprint ini, mereka (pengguna) akan sangat lebih nyaman ketika menggenggam smartphone tersebut," ujar Alvin.

Baca juga: Layar Xiaomi Redmi Note 10 dan 10 Pro, AMOLED atau Super AMOLED?

Hal ini kurang lebih sama seperti yang dilakukan Xiaomi pada Redmi Note 9 Pro tahun lalu. Sensor fingerprint pada Redmi Note 9 Pro diletakkan bersama tombol power (side-mounted) yang letaknya di bawah tombol pengaturan volume up/down.

Akan tetapi, Alvin tak menutup kemungkinan bakal membawa sensor fingerprint dalam layar ke seri Redmi Note berikutnya. Ia juga menegaskan bahwa posisi fingerprint yang ditempatkan di bagian samping bukanlah keputusan yang salah.

"Ke depannya kita mungkin saja memberikan teknologi yang sama yaitu In Display Fingerprint, tapi bukan berarti Side Fingerprint ini adalah sesuatu yang hal yang tidak baik," pungkas Alvin.

Baca juga: Spesifikasi Berikut Harga Xiaomi Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com