Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Game di Samsung Galaxy A32, dari PUBG Mobile Sampai Genshin Impact

Kompas.com - 02/04/2021, 19:31 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi memasarkan Galaxy A32 di Indonesia beberapa waktu lalu. Ponsel yang ditenagai chip MediaTek Helio G80, RAM 6/ 8 GB, dan storage 128 GB ini turut dibekali sejumlah fitur yang menarik untuk bermain game,

Misalnya saja, layar Super AMOLED dengan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz,Ada pula fitur Game Booster yang diklaim mampu meningkatkan performa ponsel keseluruhan untuk kinerja gaming.

Ada pula fitur Game Booster yang diklaim mampu meningkatkan performa ponsel keseluruhan untuk kinerja gaming. Tapi sebenarnya seberapa kuat kinerja smartphone dengan harga termurah Rp 3,6 juta ini dalam menjalankan game?

Baca juga: Fitur Unggulan Samsung Galaxy A32 yang Dijual Rp 3 Jutaan

Untuk mengetahui jawabannya, KompasTekno menjajal Galaxy A32 untuk memainkan sejumlah game populer, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Asphalt 9, Real Flight Simulator, hingga Genshin Impact.

Fitur "Show refresh rate" di Android 11ikut dinyalakan untuk menunjukkan apakah game yang dimainkan sudah mendukung refresh rate 90 Hz atau belum. Demikian juga Game Booster yang aktif untuk memastikan performa maksimal.

PUBG Mobile dan CODM bisa jalan, tapi...

Secara garis besar, Galaxy A32 bisa memainkan seluruh game yang disebutkan tadi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Untuk PUBG Mobile, game tersebut belum mendukung layar refresh rate 90 Hz yang ada di ponsel ini. Pengaturan grafisnya sendiri mentok di kualitas "HD" dengan frame rate "Ultra".

Meski demikian, game ini hanya bisa dimainkan dengan frame rate tersebut di pengaturan grafis "Smooth" dan "Balanced" saja. Apabila kualitasnya "HD", maka frame rate maksimal akan diturunkan ke "High".

Ilustrasi game PUBG Mobile (atas) dan Call of Duty Mobile (bawah) berjalan di Galaxy A32.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi game PUBG Mobile (atas) dan Call of Duty Mobile (bawah) berjalan di Galaxy A32.

Sementara untuk Call of Duty Mobile, ponsel ini hanya mampu menjalankan game bikinan Activision tersebut di kualitas grafis "Medium" dengan frame rate "High", tidak bisa lebih. Refresh rate 90 Hz layar Galaxy A32 juga belum bisa dimanfaatkan oleh game tersebut.

Ketika diuji coba di pengaturan maksimal, yaitu "HD" dan "Ultra" untuk PUBG Mobile dan "Medium" dan "High" untuk Call of Duty Mobile, kedua game ini ternyata bisa dimainkan dengan lancar.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy A32 di Indonesia

Namun, animasi akan sedikit "patah-patah", alias stuttering apabila pengguna bertemu dengan lebih dari satu musuh yang menembakkan senjatanya masing-masing dengan jarak yang cukup dekat.

Beralih ke game balap mobil. Ketika memainkan Asphalt 9, Galaxy A32 mampu menjalankan game tersebut dengan lancar.

Akan tetapi, pengguna harus mengubah pengaturan grafis menjadi "Performance". Apabila diubah ke "High Quality", game tidak akan bisa dimainkan dengan nyaman lantaran animasi dan jalannya mobil tidak terlihat mulus.

Ilustrasi game Asphalt 9 (atas) dan Real Flight Simulator (bawah) berjalan di Galaxy A32.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi game Asphalt 9 (atas) dan Real Flight Simulator (bawah) berjalan di Galaxy A32.

Untuk Real Flight Simulator, game ini ternyata bisa dijalankan dengan lancar di pengaturan grafis teratas "Ultra" dengan opsi "Native Resolution" menyala.

Asphalt 9 dan  mendukung refresh rate 90 Hz yang dimiliki oleh ponsel, seperti tampak pada ilustrasi game di atas. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com