Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengecek Akun Instagram Diblokir Teman atau Tidak

Kompas.com - 03/04/2021, 10:33 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melalui media sosial seperti Instagram, pengguna bisa saling terhubung, termasuk berkomunikasi dan berbagi aktivitas dengan teman, saudara, keluarga, rekan kerja, hingga orang asing sekalipun.

Saat ada suatu masalah atau terlibat dalam perkelahian kecil, tak menutup kemungkinan seseorang dapat memblokir akun Instagram Anda.

Ketika ini terjadi, Anda tidak akan mengetahuinya secara langsung karena memang tidak ada notifikasi yang muncul ketika seseorang memblokir akun pengguna lainnya.

Dengan kata lain, Anda harus mencari tahu sendiri apakah akun milik Anda benar-benar diblokir oleh teman, saudara, rekan kerja, atau pihak lainnya.

Setidaknya ada enam cara yang patut dicoba untuk memastikan bahwa seseorang telah memblokir akun Instagram Anda, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reader's Digest, Sabtu (3/4/2021).

1. Cari profil yang diduga memblokir Anda

Langkah pertama untuk mengetahui apakah seseorang telah memblokir akun Anda adalah dengan cara melakukan pencarian terhadap profil orang yang dimaksud.

Baca juga: Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus, Fiturnya Sudah Aktif di Indonesia

Caranya sederhana, Anda tinggal pergi ke menu "search", lalu tuliskan username akun yang dimaksud. Ketika profil orang tersebut muncul, ada beberapa skenario yang kemungkinan dapat terjadi.

Pertama, jika profil orang yang diduga memblokir Anda bersifat publik dan Anda masih dapat melihat unggahannya, itu artinya Anda tidak diblokir.

Sebaliknya, jika profil orang yang diduga memblokir Anda bersifat publik tapi Anda tidak bisa melihat unggahan, follower dan following milik akun tersebut, itu artinya akun Instagram Anda di-block oleh orang tersebut.

Tampilan yang akan Anda lihat bila akun Instagram Anda di-block.TechAdvisor Tampilan yang akan Anda lihat bila akun Instagram Anda di-block.
Kedua, untuk akun pribadi alias private, jika Anda masih bisa melihat foto profil, jumlah unggahan, jumlah follower dan following, serta masih ada keterangan "Akun ini Pribadi", ini artinya akun milik Anda tidak diblokir oleh orang tersebut.

Anda bisa mengirimkan permintaan berteman jika ingin melihat unggahan orang tersebut.

Namun, ketika username orang tersebut tidak muncul sama sekali saat dicari, ini artinya akun Instagram Anda di-block. Hal ini dengan catatan bahwa akun orang yang diduga memblokir Anda tidak dinonaktifkan atau dihapus.

2. Periksa profil Anda

Meskipun seseorang memblokir Anda, Instagram tidak akan menghapus komentar atau tag lama dari profil Anda sendiri.

Anda bisa membuka tag atau komentar yang berkaitan dengan akun orang yang Anda duga memblokir Anda.

Jika username orang tersebut masih muncul di komentar atau tag, Anda hanya perlu mengklik username-nya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com