Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2021, 18:57 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan beredar rumor bahwa LG Electronics bakal mundur dari bisnis smartphone usai merugi selama beberapa tahun.

Kini, situs berita asal Korea Selatan, KoreaTimes mengatakan bahwa LG akan mengumumkan nasib lini bisnis smartphone pada 5 April mendatang. Kabar tersebut diperoleh dari sumber terdekat dengan industri.

"LG sudah mempertimbangkan berbagai opsi soal penutupan bisnis smartphone mereka, seperti menjualnya atau menutup bisnis tersebut secara keseluruhan," ujar sumber industri yang identitasnya enggan disebutkan.

"Tetapi, mereka memutuskan mundur dari bisnis smartphone, alih-alih menjualnya," imbuh sumber tersebut.

Baca juga: LG Dilaporkan Akan Tutup Bisnis Smartphone

Pihak LG sendiri belum mau mengomentari rumor terkait pengumuman 5 April ini. Namun, mereka mengatakan bahwa banyak kemungkinan yang akan terjadi terkait nasib bisnis smartphone yang dirintis sejak 2010 itu.

"Tidak ada yang perlu dikomentari. Kami hanya bisa bilang bahwa seluruh kemungkinan bisa terjadi," kata seorang perwakilan LG, sebagaimana dikutip KompasTekno dari KoreaTimes, Sabtu (3/4/2021).

"Meski kami saat ini belum bisa mengonfirmasi, kami pasti bakal mengumumkan arah bisnis smartphone kami di masa depan secara publik," tambah pihak LG.

Merugi sejak 2015

Sebagai informasi, kabar mundurnya LG dari industri smartphone sebenarnya sudah santer beredar beberapa waktu lalu.

Sejak 2015, bisnis smartphone LG dilaporkan terus merugi dan memaksa perusahaan tersebut bernegosiasi dengan sejumlah perusahaan besar. Nama perusahaan konglomerasi asal Vietnam, Vingroup pun disebut akan menjadi pembeli divisi smartphone LG.

Namun, hal itu agaknya tidak terwujud lantaran ada beberapa opsi yang disinyalir tidak disepakati oleh kedua pihak.

Baca juga: LG Disebut Akan Jual Bisnis Smartphone ke Perusahaan Vietnam

Pada Januari lalu, CEO LG Electroncis, Kwon Bong-seok juga menyampaikan bahwa pihaknya memang tengah mempertimbangkan beberapa hal terkait bisnis smartphone mereka.

Sayangnya, Bong-seok hanya mengatakan bahwa seluruh kemungkinan bisa terjadi, sama seperti pernyataan terbaru LG tadi.

Hingga saat ini, bisnis smartphone LG sendiri belum dihentikan atau dijual ke pihak lain. Namun, para karyawan LG yang tadinya bekerja di divisi smartphone konon sudah dipindahkan ke unit bisnis LG lain.

Artinya, bukan tidak mungkin LG bakal mengumumkan sesuatu yang berkaitan dengan bisnis smartphone dalam waktu dekat. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com