Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Bisnis Ponsel LG, Merugi 6 Tahun hingga Akhirnya Tutup

Kompas.com - 06/04/2021, 08:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kiprah perjalanan LG Electronics di kancah industri ponsel telah kandas. Hal ini ditandai dengan disetujuinya penutupan bisnis ponsel LG oleh dewan direksi perusahaan.

Pihak perusahaan juga telah mengumumkan bahwa proses penutupan bisnis ponsel LG akan rampung pada pertengahan tahun, tepatnya 31 Juli 2021.

Penutupan yang terjadi pada divisi ponsel LG sendiri tak lepas dari kerugian yang telah ditanggung perusahaan sejak enam tahun lalu.

Pada kuartal kedua 2015 lalu, LG mengumumkan terjadinya sejumlah kerugian pada bisnis penjualan ponsel sebesar 4,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 65 triliun.

Meski terkadang lumrah terjadi pada sebuah perusahaan, namun, kerugian yang dialami oleh LG bertahan cukup lama. Kondisi bisnis ponsel LG bahkan dilaporkan kian memburuk setiap tahunnya.

Hal ini terus berlanjut hingga kuartal ketiga 2017, di mana perusahaan mengumumkan total kerugian yang mencapai angka 375,3 miliar Won atau sekitar 331,37 juta dollar AS.

Baca juga: LG Resmi Tutup Bisnis Ponselnya

Melihat kerugian terus terjadi, LG ingin membalikkan keadaan dengan meluncurkan ponsel flagship G6 Series. Keputusan tersebut berbuah cukup manis.

Penjualan ponsel G6 Series mampu mendongkrak pendapatan perusahaan hingga menyentuh angka 3,2 juta dollar AS pada kuartal pertama 2017.

Namun, upaya tersebut masih belum mampu untuk menutupi kerugian yang selama ini ditanggung perusahaan. Pada kuartal kedua 2017, LG dilaporkan kembali merugi.

Lalu pada akhir tahun 2018, LG mencatat adanya pemasukan sebesar 7 miliar dollar AS. Sementara total kerugian kembali membengkak hingga mencapai angka 700 juta dollar AS.

Dirangkum KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (6/4/2021), hingga 2020 total kerugian yang dialami LG mencapai 751 juta dollar AS atau sekitar Rp 10,9 triliun.

LG kembali mencoba menerapkan strategi baru dengan meluncurkan salah satu ponsel uniknya, yakni LG Wing.

Berbeda dengan ponsel lipat lainnya, LG Wing didesain dengan dua layar. Salah satu dari layar tersebut dapat diputar hingga 90 derajat.

Pihak perusahaan mengklaim bahwa layar yang diputar ini akan awet hingga 200.000 kali putaran dengan rata-rata 100 gerakan setiap hari selama lima tahun.

Selain hadir dengan konsep yang inovatif, LG Wing turut memiliki spesifikasi yang tergolong mumpuni. LG Wing ditenagai dengan chipset Snapdragon 765G 5G yang dipadu dengan RAM 8 GB dan internal 256 GB.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com