Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Tutup Buku, Ini 2 Ponsel Layar Ganda Unik Peninggalannya

Kompas.com - 06/04/2021, 10:06 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah memproduksi produk smartphone selama bertahun-tahun, perusahaan teknologi asal Korea Selatan LG Electronics akhirnya menyerah dan kini memutuskan untuk hengkang dari bisnis ponsel.

Sepanjang kiprahnya di industri ponsel, LG bisa dibilang cukup ambisius untuk menghadirkan smartphone yang dibekali dengan layar ekstra, alias layar ganda.

Salah satunya melalui perangkat bernama LG Wing yang diperkenalkan pada September 2020 lalu. Ponsel ini memiliki dua layar, di mana salah satunya bisa diputar hingga 90 derajat.

Dalam basic mode atau posisi layar sekunder tidak diputar, LG Wing akan tampak seperti smartphone pada umumnya, hanya saja lebih tebal dari smartphone lain.

Baca juga: LG Wing Resmi, Smartphone dengan Layar Kedua yang Bisa Diputar

Layar utama berukuran lebih besar yakni 6,8 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.460 x 1.080 piksel). Jenis panel yang digunakan adalah P-OLED dengan rasio aspek 20,5:9.

Sementara layar kedua yang bisa diputar berdiagonal 3,9 inci dengan panel jenis OLED. Bagian punggung layar utama dilapisi bahan thermoplastic yang disebut bisa melindungi bagian layar dalam dari goresan.

Beberapa peredam hidrolik turut digunakan untuk mengurangi tekanan pada saat layar sekunder diputar ke atas membentuk huruf "T" dan terkesan seperti "sayap", seperti nama perangkatnya.

Meski tergolong unik, ini bukan pertama kalinya LG membuat sebuah smartphone yang mengusung layar ganda.

Baca juga: LG Tutup Bisnis Ponsel, Bagaimana Nasib Smartphone yang Ada di Pasar?

LG Dual Screen

Ilustrasi LG V50 ThinQ dengan secondary caseMashable Ilustrasi LG V50 ThinQ dengan secondary case

Sekitar satu tahun sebelum LG Wing diumumkan, perusahaan teknologi tersebut sempat memperkenalkan ponsel berlayar ganda pertamanya, LG V50 ThinQ. Baca juga: LG Resmikan V50 ThinQ dengan Dukungan 5G

Namun, alih-alih terintegrasi dengan layar utama, layar ekstra ini merupakan sebuah aksesori yang mirip pembungkus ponsel yang dinamai LG Dual Screen. 

Seperti namanya, aksesori ini memungkinkan pengguna memperluas bidang layar utamanya ke layar kedua melalui port USB tipe-C untuk berbagai keperluan, seperti multitasking, gaming, dan lain sebagainya.

Secara desain, LG Dual Screen sendiri mengusung panel OLED 6,8 inci dengan resolusi Full HD Plus dan engsel 360 derajat. Karena berupa aksesori yang bisa dihubungkan, layar kedua ini juga bisa berfungsi layaknya flip cover.

Baca juga: Perjalanan Bisnis Ponsel LG, Merugi Enam Tahun hingga Akhirnya Tutup

Pantauan KompasTekno di situs resmi LG, Selaa (6/4/2021), selain LG V50 ThinQ, LG Dual Screen mendukung berbagai ponsel baru LG lainnya, sepert V60 ThinQ, G8X ThinQ, hingga Velvet. Aksesori ini juga dijual secara terpisah dengan unit pendukungnya.

Nah, dengan ditutupnya divisi smartphone LG, pengguna dipastikan tak akan lagi mendengar sejumlah produk teranyar dari perusahaan tersebut, terutama ponsel unik yang memiliki layar ganda semacam LG Wing atau LG V60 ThinQ.

Selamat tinggal LG!

Baca juga: LG Resmi Tutup Bisnis Ponselnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com