Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme 8 dan Realme 8 Pro Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 07/04/2021, 15:39 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diluncurkan di India pada Maret lalu, duo ponsel kelas menengah Realme 8 dan Realme 8 Pro akhirnya resmi dirilis di Indonesia. Kedua smartphone tersebut merupakan suksesor dari Realme 7 dan Realme 7 Pro yang sudah dipasarkan di Tanah Air pada Oktober 2020.

Dalam acara peluncuran yang digelar secara online, Rabu (7/4/2021), Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi mengatakan bahwa Realme 8 Series hadir untuk mendukung anak muda di Indonesia yang gemar membuat konten dan menyukai fotografi.

Terlebih dengan kapasitas baterai yang besar, kedua ponsel ini menurut Palson, cocok untuk kreator konten yang betah berlama-lama dengan smartphone-nya.

Baca juga: Dosa-dosa Realme, Curangi AnTuTu hingga Pakai iPhone Saat Demo Narzo 30A

"Kami (Realme) ingin membantu kreator muda untuk melampaui batas mereka dalam mengeksplor, menangkap, dan membagikan momen dengan hasil gambar yang detail. Kapasitas baterai yang kami tawarkan juga mendukung aktivitas mereka saat menggunakan smartphone ini," tutur Palson.

Realme 8 dan Realme 8 Pro memiliki sejumlah perbedaan spesifikasi, seperti chip yang digunakan, kamera, RAM, dan kapasitas penyimpanan internal.

Realme 8

Product Manager Realme Indonesia, Vasco Rombot, Iqbaal Ramadhan, Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi dalam acara peluncuran Realme 8 Series yang digelar secara online.Youtube Realme Indonesia Product Manager Realme Indonesia, Vasco Rombot, Iqbaal Ramadhan, Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi dalam acara peluncuran Realme 8 Series yang digelar secara online.
Realme 8 hadir dengan layar Super AMOLED 6,4 inci (1.080 x 2.400 piksel) dengan touch sampling rate 180Hz dan tingkat kecerahan hingga 1.000 nits.

Di pojok kiri atas layar terdapat punch hole yang memuat kamera selfie 16 MP (f/2.5). Sementara di bagian punggung, terdapat empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.8, 26mm), kamera ultrawide 8 MP (f/2.3, 119 derajat), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan depth sensor 2 MP (f/2.4).

Ada pula aneka fitur pemotretan seperti Cinematic Potrait, Dynamic Bokeh, Neon Potrait, New AI Potrait, UIS Max Video Stabilization, New Starry Mode, Dual View Video, dan Tilt Shift Mode.

Baca juga: Realme Ketahuan Pakai iPhone saat Demo Ponsel Narzo 30A

Dari segi hardware, Realme 8 mengandalkan chipset Mediatek Helio G95 (12 nm) yang dipadankan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Kapasitas penyimpanannya dapat diperluas melalui slot microSD.

Ponsel ini ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung Fast Charging 30 Watt dan diklaim bisa terisi penuh hanya dalam waktu 65 menit. Pengisian daya bisa dilakukan lewat port USB Type-C.

Realme 8 sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 dan dilapisi dengan antarmuka Realme UI 2.0.

Adapun fitur lainnya yaitu NFC, Bluetooth 5.1, sensor sidik jari di bawah layar, Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), sistem pendingin Copper Liquid, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dan jack audio 3,5mm.

Realme 8 Pro

Realme 8 dan Realme 8 Pro memiliki kapasitas baterai yang besar. Hal itu ditujukan agar para kreator konten bisa lebih lama menggunakan ponselnya. YouTube/Realme Indonesia Realme 8 dan Realme 8 Pro memiliki kapasitas baterai yang besar. Hal itu ditujukan agar para kreator konten bisa lebih lama menggunakan ponselnya.
Realme 8 Pro sendiri memiliki spesifikasi yang mirip dengan Realme 8. Hanya saja, ada beberapa peningkatan yang membuat ponsel ini lebih unggul dibanding versi "reguler".

Dari segi kamera misalnya. Realme 8 Pro sama-sama memiliki empat kamera, namun, konfigurasinya berbeda dari Realme 8.

Realme 8 Pro dibekali kamera utama (wide) beresolusi 108 MP (f/1.9, 26mm) PDAF yang sudah dilengkapi dengan fitur optical zoom hingga 3x.

Baca juga: Ini 10 Smartphone Terkencang Maret 2021 Menurut AnTuTu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com