Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Signal Catat Pertumbuhan Tertinggi Setelah WhatsApp Ubah Kebijakan

Kompas.com - 08/04/2021, 12:09 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga riset aplikasi App Annie merilis daftar aplikasi teratas dalam beberapa kategori untuk kuartal-I 2021. Salah satu hal yang menarik adalah aplikasi Signal yang bertengger di puncak kategori jumlah pengguna untuk "Top Breakout Apps".

Artinya, dari sekian banyak aplikasi yang ada, Signal mencatat pertumbuhan jumlah pengguna tertinggi (monthly active user) selama kuartal-I 2021 dibandingkan kuartal-IV 2020 (Quarter-on-Quarter).

Baca juga: Pertama Kali Pakai Telegram atau Signal, Ini Cara Setting yang Wajib Diketahui

Dihimpun KompasTekno dari Social Media Today, Kamis (8/4/2021), lonjakan pertumbuhan pengguna Signal terjadi setelah WhatsApp mengumumkan perubahan kebijakan privasinya pada awal tahun ini yang memicu kontroversi dan kekhawatiran pengguna.

Hal tersebut memang memicu sebagian pengguna WhatsApp berbondong-bondong pindah ke layanan chatting alternatif seperti Signal, juga Telegram yang ikut nangkring di urutan kedua daftar aplikasi dengan pertumbuhan pengguna tertinggi dari App Annie.

Daftar 10 aplikasi dalam kategori Top Breakout Apps Worlwide Kuartal I-2021 yang dirilis oleh firma riset App AnnieSocial Media Today Daftar 10 aplikasi dalam kategori Top Breakout Apps Worlwide Kuartal I-2021 yang dirilis oleh firma riset App Annie


Apalagi, para pesaing WhatsApp itu turut dipromosikan oleh sejumlah tokoh, seperti whistleblower Edward Snowden dan Elon Musk yang menganjurkan pengguna beralih ke Signal.

Dari pantauan KompasTekno, aplikasi Signal yang didirikan oleh pendiri WhatsApp Brian Acton ini sudah mencatat angka unduhan sebanyak lebih dari 50 juta di Google Play Store. Sementara, Telegram yang sudah lebih dulu ada memiliki jumlah download lebih dari 500 juta.

Hingga akhir Januari lalu, Signal diketahui memiliki sekitar 40 juta pengguna aktif bulanan. Salah satunya belakangan diketahui adalah Mark Zuckerberg, bos Facebook yang sekaligus pemilik WhatsApp.

Baca juga: Zuckerberg Sebagai Pemilik WhatsApp Ketahuan Pakai Aplikasi Chat Signal

Meski jumlah penggunanya meroket karena dipicu perubahan kebijakan privasi WhatsApp, masih belum jelas apakah Signal bakal terus mengumpulkan pengguna dalam jumlah besar di masa mendatang.

Aplikasi ini pun agaknya belum akan mengancam dominasi WhatsApp dalam waktu dekat. Sebab, jumlah pengguna WhatsApp masih jauh lebih banyak, mencapai lebih dari 2 miliar di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com