Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Luncurkan 6 Smartphone Sekaligus dengan Penamaan Baru

Kompas.com - 09/04/2021, 08:28 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia, mengumumkan jajaran ponsel terbarunya. Tidak hanya satu atau dua, melainkan enam ponsel sekaligus.

Keenam ponsel tersebut dibagi menjadi tiga lini baru yakni Nokia C-Series, G-Series, dan X-Series. Peluncuran enam smartphone anyar ini sekaligus menandai perubahan format penamaan ponsel Nokia yang kini menggunakan kombinasi huruf dan angka.

Keenam ponsel tersebut adalah Nokia C10, C20, G10, G20, X10, dan X20. Sebelumnya, Nokia kerap menggunakan penamaan melalui angka seperti Nokia 3.2, 4.2, 5.4, dan lain sebagainya.

Baca juga: Nama Ponsel Nokia Akan Diubah

Global Head of Proposition Partner and Product Marketing HMD Global Adam Ferguson, mengatakan bahwa ketiga lini ini dihadirkan untuk memudahkan pengguna memilih produk Nokia yang cocok dengan mereka.

"Tujuan kami melucurkan ketiga seri ini adalah untuk memperjelas target pasar di masing-masing kategori dan mengarahkan konsumen untuk memilih ponsel Nokia yang cocok dengan mereka," tutur Adam kepada KompasTekno dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

Lini C-Series sendiri merupakan seri entry-level yang dikhususkan untuk pengguna yang baru beralih dari feature phone ke smartphone.

Kemudian G-Series ditujukan untuk memberikan fitur mumpuni dalam sebuah perangkat kelas menengah.

Adapun X-Series merupakan lini kelas menengah premium yang menyasar mereka yang menginginkan berbagai fitur canggih, terutama di aspek kamera.

Nokia C10 dan C20

Nokia C10 dan C20.HMD Global Nokia C10 dan C20.
Kedua ponsel ini menggunakan sistem operasi Android Go. Nokia C10 dan C20 sebenarnya nyaris identik dari segi desain dan spesifikasi.

Kedua ponsel ini memiliki layar 6,5 inci dengan resolusi HD Plus. Di bagian atasnya, terdapat poni ala tetesan air yang memuat kamera selfie 5 MP. Kedua ponsel ini juga dibekali degnan satu kamera belakang yang beresolusi 5 MP.

Nah, perbedaan mulai terlihat di aspek jeroan. Nokia C10 ditenagai dengan chipset Unisoc SC7331e (Quad Core 1,3 GHz), dengan dua pilihan RAM dan memori internal, yaitu 1 GB/2 GB dan 16 GB/32 GB.

Baca juga: Studi Ungkap Kenapa Nokia Bangkrut

Media penyimpanan tersebut bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 256 GB.

Sedangkan Nokia C20 memiliki "otak" yang sedikit lebih mumpuni, yaitu Unisoc SC9836a (Octa Core 1,6 GHz) dengan konfigurasi memori serupa dengan "saudaranya".

Baterai kedua ponsel tersebut berkapasitas 3.000 mAh dengan pengecasan 5 watt.

Fitur pendukung lainnya mencakup port microUSB 2.0, audio jack 3,5 mm, fitur biometrik Face Unlock, serta sistem operasi (OS) Android 11 Go Edition yang dijanjikan bakal mendapatkan pembaruan OS selama dua tahun ke depan (Android 12 dan 13).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com