Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2021, 19:28 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - LG Electronics resmi mengumumkan hengkang dari bisnis smartphone pada awal April 2021. Artinya, perusahaan asal Korea Selatan tersebut tak akan membuat dan memasarkan ponsel baru di masa mendatang.

Kepergian LG dari industri smartphone sebenarnya tak mengejutkan. Sebab, produsen pembuat ponsel G Series itu sudah merugi selama bertahun-tahun, akibat divisi smartphone yang gagal membuat produk yang diminati konsumen.

Meski demikian, ada banyak fitur atau teknologi smartphone yang pertama kali dikenalkan oleh LG melalui sejumlah produknya, dan memiliki pengaruh di industri smartphone, membuat tren baru dalam industri. Beberapa di antaranya masih diadopsi hingga saat ini.

Baca juga: Perjalanan Bisnis Ponsel LG, Merugi 6 Tahun hingga Akhirnya Tutup

Lantas, apa saja aneka fitur tersebut? Simak pemaparannya berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Sabtu (10/4/2021).

Ponsel layar sentuh pertama

LG Prada.Luxuo LG Prada.

Pada 2007 lalu, Apple meluncurkan iPhone generasi pertamanya yang dibekali dengan suatu fitur yang membuat heboh industri ponsel, yaitu fitur layar sentuh (touchscreen).

Baca juga: LG Masih Hidup Sampai Juli 2021, Ponsel Tetap Dapat Android 13

Disebut bikin heboh karena kala itu layar ponsel tidak bisa disentuh dan dibekali dengan papan ketik fisik T9 atau QWERTY sebagai sumber input teks, serta tombol navigasi fisik.

Namun, siapa sangka ternyata fitur touchscreen ternyata pertama kali dikenalkan oleh LG.

Sekitar satu tahun sebelum iPhone meluncur, perusahaan asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan LG Prada, sebuah ponsel berukuran 3 inci (resolusi 400 x 240 piksel) yang bisa menerima input dari jari.

Meski demikian, ponsel ini tidak begitu populer lantaran dibanderol dengan harga selangit,  yaitu 849 dolar AS. Di sisi lain, iPhone dijual dengan harga termurah 499 dolar AS.

Ponsel dengan layar melengkung

Saat ini, tak sedikit produsen smartphone yang berlomba-lomba membuat ponsel yang layarnya bisa ditekuk atau dilipat. Sebut saja seperti Samsung Galaxy Fold, Huawei Mate X, atau yang terbaru ada Xiaomi Mi Mix Fold.

Nah, berbagai perangkat fleksibel ini tampaknya tak akan terwujud apabila tidak ada vendor yang mengawalinya, yaitu LG.

Pada 2014 lalu, LG meluncurkan LG G Flex, sebuah ponsel berukuran 6 inci yang dirancang dengan panel melengkung (curved) yang membentang dari dahi hingga dagu ponsel.

Desain ini bertujuan untuk mempermudah pengguna menempelkan ponsel mereka ketika sedang menelepon.

Kini, desain ponsel lipat bertujuan untuk membuat perangkat tersebut menjadi ringkas ketika dibawa-bawa, namun bisa dibentangkan ketika ingin menikmati suatu konten.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com