Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1,3 Juta Data Pengguna Clubhouse Dilaporkan Bocor, Ini Kata CEO Clubhouse

Kompas.com - 12/04/2021, 14:16 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAScom - Belakangan, kabar bocornya data pengguna media sosial marak terdengar. Setelah Facebook dan LinkedIn, kali ini giliran jutaan data pengguna aplikasi Clubhouse dilaporkan bocor.

Menurut laporan Cybernews ada sebanyak 1,3 juta data pengguna Clubhouse terpapar di internet. Laporan ini juga mengabarkan kasus bocornya data pengguna Facebook dan LinkedIn yang terjadi sebelumnya.

Adapun data yang diumbar mencakup nama, ID pengguna, handle Twitter dan Instagram, jumlah pengikut, waktu pembuatan akun, dan foto.

Baca juga: Data 533 Juta Pengguna Facebook Bocor, Termasuk Indonesia

Data-data tersebut merupakan data publik yang memang bisa dilihat secara terbuka oleh pengikut (followers) di akun pengguna. Tidak ada catatan data sensitif seperti informasi kesehatan, informasi keuangan, atau lokasi pengguna yang terekspos.

Jika diamati, jenis data yang diklaim bocor hampir mirip dengan data pengguna Facebook dan LinkedIn yang dilaporkan dijual di internet.

Kabar ini lantas dibantah oleh CEO Clubhouse, Paul Davidson dalam sebuah acara Town Hall Meeting.

"Tidak (ada kebocoran data), (kabar) ini menyesatkan dan keliru, artikel ini clickbait, kita tidak diretas," kata Davidson, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (12/4/2021).

Menurut Davidson, semua data yang dilaporkan bocor bukanlah data rahasia yang sensitif, melainkan data publik yang memang terpampang di profil pengguna Clubhouse.

Data tersebut sejatinya bisa dilihat oleh para pengguna.

Sebelumnya, Microsoft selaku induk LinkedIn juga menepis dugaan adanya kebocoran data pengguna LinkedIn. Microsoft mengatakan tidak ada informasi pribadi yang bocor dan dijual di forum peretas.

Sementara Facebook, memiliki tanggapan sedikit berbeda. Perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu mengatakan bahwa data yang tersebar adalah "data lama" yang diperoleh dari celah keamanan tahun 2019 lalu.

Baca juga: Data 500 Juta Pengguna LinkedIn Bocor, Dijual Mulai Rp 30.000

Kesamaan dari ketiga kasus kebocoran data pengguna Facebook, LinkedIn, dan Clubhouse adalah menggunakan metode web scraping.

Metode ini mengandalkan software otomatis untuk mengekstrasi informasi publik yang diperoleh secara massal, kemudian data didistribusikan di forum online.

Meski merupakan informasi publik, data-data tersebut sejatinya bisa menjadi bahaya di tangan yang salah. Misalnya, e-mail yang bocor bisa menjadi sasaran phishing dan penipuan.

Kemudian akun media sosial yang bersifat publik bisa juga menjadi target rekayasa sosial yang merugikan pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com