Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spotify Bikin Kumpulan Playlist dan Podcast Khusus Ramadhan

Kompas.com - 13/04/2021, 13:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyambut Ramadan tahun ini, Spotify membuat sebuah "hub" spesial. Hub edisi Ramadhan tersebut berisi kumpulan playlist dan podcast yang dikurasi untuk menemani penggunanya menjalankan ibadah puasa.

Hub khusu Ramadhan ini sudah mulai bisa diakses sejak 12 April. Pengguna bisa menemukan hub tersebut lewat penelusuran kata kunci "Ramadan" di Spotify. Pengguna juga bisa menuju hub Ramadan dengan mengetuk tautan berikut.

Adapun konten yang dihadirkan mencakup playlist lokal dan internasional, termasuk konten religi dan sajian hiburan ringan.

"Dengan Ramadan sebagai salah satu momen terpenting bagi pendengar kami di Indonesia, kami ingin menciptakan pengalaman audio untuk mendukung momen refleksi diri dan silaturahmi dengan keluarga serta kerabat bagi para pendengar kami selama bulan suci ini," kata Gautam Talwar, Managing Director, Spotify Asiap Pasific dalam keterangan resmi kepada KompasTekno, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Spotify Kini Bisa Dikendalikan Lewat Suara

Pengguna Spotify Indonesia bisa mendengar konten podcast ternama seperti Podkesmas, RAPOT, Makna Talks, BKR Brothers, Kinosgina, dan Podcast DariTadi.

Ada pula podcast lainnya seperti GJLS, Podcast Ancur, dan Podcastery Jurnalrisa yang menjadi anggota baru podcast eksklusif Spotify.

Selain itu, Hub Ramadan juga menampilkan playlist Ramadan yang memuat kombinasi musik dan podcast bertajuk "Refleksi Diri".

Spotify juga memperkenalkan sejumlah fitur baru untuk memudahkan pengguna menemukan konten audio dan menghadirkan personalisasi konten yang lebih bagi setiap pengguna.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi Spotify yang Wajib Diketahui

Fitur baru yang dimaksud ada di Home Hub atau tampilan awal Spotify yang baru, salah satunya adalah fitur "travel back in tim"e, di mana pengguna bisa menemukan kembali konten audio lama di "Recently played".

Fitur lainnya adalah Spotify mixes, yakni playlist baru yang dikalim lebih dipersonalisasi untuk pengguna. Kemudian, pengguna juga dijanjikan bisa lebih mudah melakukan navigasi di desktop dan web.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com