Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Setop Aplikasi Belanja Online "Shopping" di iOS dan Android

Kompas.com - 13/04/2021, 14:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Pada 2019, Google meluncurkan aplikasi khusus untuk belanja online di ribuan toko menggunakan akun Gmail. Aplikasi tersebut bernama Google Shopping.

Google Shopping juga dilengkapi berbagai fitur belanja online, mulai dari beranda yang terpersonalisasi, tab "saved" untuk produk yang disimpan, hingga tab notifikasi untuk pemberitahuan promosi.

Sayangnya, baru-baru ini, Google mengonfirmasi bahwa pihaknya akan menyetop dukungan terhadap aplikasi Google Shopping di iOS dan Android dalam beberapa waktu ke depan.

"Dalam beberapa minggu ke depan, kami tidak lagi mendukung aplikasi Shopping. Semua fitur yang ditawarkan aplikasi kepada pengguna, akan tersedia di tab Shopping (di Google Search)," ungkap seorang juru bicara Google.

Kendati aplikasi Google Shopping disetop, bukan berarti pengguna tidak bisa lagi menikmati layanan Shopping dari Google. Meski begitu, Google tidak mengungkapkan alasan penutupan aplikasi ini.

Ke depannya, alih-alih menggunakan aplikasi, pengguna tetap bisa menemukan dan berbelanja produk di Shopping melalui situs web yang beralamat di shopping.google.com.

Pada dasarnya, baik aplikasi maupun situs web Google Shopping menawarkan fitur yang serupa. Misalnya ada feed beranda yang berisi rekomendasi produk yang mungkin disukai pengguna.

Baca juga: Google I/O Tahun Ini Digelar Gratis, Ini Link Pendaftarannya

Aplikasi Google Shopping (kiri dan tengah) dilaporkan mengalami eror. Pengguna dialihkan untuk belanja melalui situs Google Shopping (kanan).9to5google Aplikasi Google Shopping (kiri dan tengah) dilaporkan mengalami eror. Pengguna dialihkan untuk belanja melalui situs Google Shopping (kanan).
Ada pula tab "saved" untuk melihat produk yang sudah disimpan, dan tab "notifikasi" untuk melihat pembaruan atau promosi pesanan. Tak ketinggalan, Google Shopping menyediakan fitur "keranjang" untuk melakukan pembelian.

Juru bicara Google juga mengatakan, ke depannya Google akan terus menghadirkan fitur yang memudahkan pengguna untuk menemukan dan berbelanja produk yang disukai, baik melalui tab Shopping di Google Search atau di platform Google lainnya.

Google diketahui baru akan menyetop secara keseluruhan dukungan pada aplikasi Shopping di iOS dan Android pada Juni mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Hasil Pencarian Google Ternyata Sebagian Besar Tidak Diklik

Namun, menurut laporan XDA Developers, pengguna sudah mulai tidak bisa digunakan aplikasi Google Shopping sejak 9 April.

Ketika pengguna memperbarui aplikasi Google Shopping ke versi 59 melalui Play Store, terdapat notifikasi eror bertuliskan "something went wrong".

"Aplikasi ini tidak tersedia saat ini, tetapi Anda dapat melanjutkan berbelanja di shopping.google.com," tertulis dalam pesan eror pada aplikasi Google Shopping di Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9To5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com