Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Altimeter, Grab Bakal IPO di AS dengan Valuasi Capai Rp 580 Triliun

Kompas.com - 13/04/2021, 19:49 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber grab

KOMPAS.com - Salah satu perusahaan SuperApp terbesar di Asia Tenggara, Grab Holdings bakal melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) di  bursa saham Amerika Serikat (AS), Nasdaq.

Demi meluluskan rencana tersebut, Grab mengumumkan akan melakukan merger dengan Altimeter Capital Markets, sebuah perusahaan akuisisi bertujuan khusus/cek kosong (SPAC) yang berbasis di AS.

Adapun transaksi Grab dan Altimeter bakal menghasilkan nilai ekuitas pro-forma sebesar 39,6 miliar dolar AS (sekitar Rp 580 triliun), dengan nilai private investment in public equity (PIPE) sebesar 4 miliar dolar AS (sekitar Rp 58,6 triliun).

Baca juga: Grab Disebut Bisa Mendapat Rp 28 Triliun dari IPO di AS

Kerja sama ini juga diprediksi bakal mendatangkan pendapatan sekitar 4,5 miliar dolar AS (sekitar Rp 65,9 triliun) untuk Grab.

"Kami sangat bangga bisa mewakili Asia Tenggara di pasar publik global. Ini adalah tonggak perjalanan kami untuk membuka akses bagi semua orang untuk mendapatkan manfaat dari ekonomi digital, " tulis Group CEO dan Co-founder Grab, Anthony Tan dalam sebuah pengumuman.

"Kami bangga Grab memilih Altimeter Capital Markets sebagai mitranya untuk IPO dan bahkan lebih bersemangat untuk menjadi pemilik jangka panjang dari perusahaan yang cukup besar ini," imbuh Founder dan CEO Altimeter, Brad Gerstner di pengumuman yang sama.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Grab.com, Selasa (13/4/2021), keputusan Grab untuk melantai di bursa saham AS didorong oleh performa bisnis yang prima di tahun lalu, meski diwarnai dengan pandemi Covid-19.

Baca juga: Pemilik Grab Toko Ditangkap

Kala itu, Grab mencatat pendapatan sekitar 12,5 miliar (sekitar Rp 183 triliun) sepanjang tahun 2020, meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Grab sendiri kini berkembang menjadi salah satu perusahaan yang menawarkan berbagai layanan di berbagai segmen, mencakup ride-hailing, pesan antar makanan, pembayaran digital, dan lain sebagainya.

Rival Gojek yang telah beroperasi sejak 2012 tersebut kini telah beroperasi di Singapura, Malaysia, Kamboja, Myanmar, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber grab


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com