Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Download Aplikasi TikTok Lampaui Facebook

Kompas.com - 14/04/2021, 07:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meskipun pemerintah Amerika Serikat di bawah administrasi Donald Trump pernah berencana memblokir TikTok, popularitas aplikasi buatan China itu semakin menanjak.

Menurut laporan terbaru dari Sensor Tower untuk bulan Maret, TikTok menjadi aplikasi non-gaming yang paling banyak diunduh secara global. TikTok diunduh lebih dari 58 juta kali di seluruh dunia pada bulan tersebut.

Data dari Sensor Tower menunjukkan bahwa 10 persen dari total unduhan global aplikasi TikTok berasal dari AS. Tahun lalu, TikTok mengklaim bahwa penggunanya di AS menembus angka 100 juta dollar AS.

Baca juga: TikTok Bingung, Jadi Diblokir Apa Tidak di AS

Sensor Tower menyebut aplikasi TikTok paling banyak diunduh di China yakni sebesar 11 persen. Tampaknya Sensor Tower menggabungkan aplikasi TikTok dan Douyin yang merupakan aplikasi TikTok versi China.

Di bawah TikTok ada aplikasi Facebook yang menjadi aplikasi non-gaming kedua yang paling banyak diunduh secara gobal. Facebook diunduh sebanyak 56 juta kali dalam periode yang sama.

Facebook paling banyak diunduh di India dengan kontribusi sebesar 25 persen, diikuti AS sebesar 8 persen.

Anak perusahaan Facebook lainnya, yakni Instagram, WhatsApp, dan Messenger menduduki urutan keempat hingga kelima secara berurutan.

Aplikasi populer lain seperti Snapchat, Zoom, dan Telegram juga masuk dalam daftar 10 besar yang dirilis Sensor Tower. Namun, tidak dirinci berapa jumlah unduhannya.

Khusus di Google Play Store, Facebook tetap menjadi aplikasi paling banyak diunduh, diikuti Instagram dan TikTok.

Baca juga: Perusahaan Induk TikTok Akuisisi Pengembang Game Mobile Legends

Terkait nasib aplikasi TikTok di AS, hingga saat ini belum ada kejelasan apakah pemerintahan Joe Biden akan bersikap sama dengan pemerintahan Trump sebelumnya atau tidak.

Seperti kebanyakan aplikasi asal China lainnya, pemerintahan Donald Trump beralasan bahwa TikTok mengancam keamanan nasional, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gadgets Now, Rabu (14/4/2021).

Melansir dari Global Times, sekertaris perdagangan AS Gina Raimondo baru-baru ini mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden yang baru dilantik Januari lalu menggantikan Trump mengatakan, akan meninjau kembali kebijakan terkait perusahaan teknologi asal China.

Belum diketahui, apakah nantinya Biden akan menarik atau justru semakin memperketat bisnis perusahaan asal China di AS.

Belum ada tanda-tanda pula apakah Biden akan memaksa induk TikTok, ByteDance untuk menjual TikTok ke perusahaan AS atau tidak seperti yang pernah disyaratkan mantan presiden Donald Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com