Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tencent Resmikan Data Center Pertama di Indonesia

Kompas.com - 14/04/2021, 11:31 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu anak usaha dari Tencent yakni Tencent Cloud, resmi mengumumkan peluncuran Internet Data Center (IDC) pertamanya di Indonesia. Pusat data tersebut dibangun untuk memperkuat bisnis cloud di Tanah Air.

Senior Vice President Tencent Cloud International Poshu Yeung, mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pangsa pasar cloud yang potensial dan tumbuh dengan cepat.

Data center yang dibangun di Indonesia, akan digunakan untuk menawarkan solusi cloud serta memenuhi kebutuhan bisnis yang berkembang di Indonesia dan Asia.

Yeung memprediksi, pada tahun 2023 mendatang, Indonesia akan mengalami pertumbuhan pasar cloud dengan besaran angka mencapai 800 juta dollar AS (sekitar Rp 11,7 triliun).

Baca juga: Tersandung Regulasi Anti-monopoli, Alibaba dan Tencent Didenda Rp 1 Miliar

"Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Kami sangat senang dapat meluncurkan IDC pertama kami di Indonesia untuk membantu secara maksimal tercapainya potensi optimal cloud computing di negara ini," ujar Yeung dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (14/4/2021).

Sebagai salah satu layanan cloud terbesar, pusat data yang didirikan Tencent ini diklaim dapat membantu pelaku bisnis dan organisasi dalam mempercepat proses transformasi digital. 

IDC Tencent Cloud ini juga digadang-gadang mampu memberikan lebih banyak pilihan untuk pemulihan bencana di seluruh wilayah Asia Pasifik.

Dengan hadirnya pusat data ini, Tencent memperluas jaringan infrastruktur Tencent Cloud yang sudah tersebar di 27 wilayah dan 61 zona.

Di Indonesia, data center milik Tencent terletak di pusat bisnis Ibu Kota Jakarta. Layanan cloud ini sudah beroperasi untuk melengkapi akses backbone dan jaringan dari semua penyedia layanan internet utama di Indonesia dan global.

Baca juga: Resmi, Microsoft Bakal Bangun Data Center Pertama di Indonesia

Karena cakupannya yang cukup luas, data center tersebut juga dapat menggabungkan protokol perbatasan gateway milik Tencent Cloud untuk mencakup seluruh negeri.

Pendirian pusat data Tencent Cloud di Indonesia juga dimaksudkan ikut mendukung perkembangan yang terjadi pada berbagai industri, mulai dari layanan keuangan, internet dan e-commerce, hingga hiburan, game dan pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com