Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Oppo, Vivo Rajai Pasar Smartphone China

Kompas.com - 15/04/2021, 13:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan smartphone asal China, Vivo, menguasai pasar smartphone di negaranya sendiri setelah berhasil menggeser Oppo. Hal tersebut ditunjukkan oleh laporan terbaru dari firma riset Counterpoint untuk bulan Maret atau minggu ke-13 tahun 2021.

Menurut laporan yang dihitung sejak 15 Februari - 28 Maret 2021 tersebut, Vivo mengukuhkan posisinya sebagai raja smartphone di China dengan pangsa pasar 24 persen. Pangsa pasar Vivo naik 4 persen dari bulan Januari 2021.

Sebanyak 76 persen dari total penjualan ponsel Vivo di bulan Februari 2021 disumbang oleh perangkat yang memiliki fitur 5G. Angka tersebut meningkat tajam dari tahun 2019 lalu yang hanya mencatatkan angka 0,5 persen.

Baca juga: Vivo X60 dan X60 Pro Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Harganya

Adapun model yang banyak diminati pasar adalah Vivo seri NEX, X, S, dan Y. Seri NEX dan X sendiri masuk jajaran flagship yang mengunggulkan sektor kamera dengan kolaborasi bersama perusahaan lensa dan kamera Zeiss asal Jerman.

Sementara, seri S dan Y Vivo merupakan smartphone untuk segmen entry-level dan mid-range.

Pasar smartphone di China periode 15 Februari-28 Maret 2021 versi Counterpoint.Counterpoint via Gizmo China Pasar smartphone di China periode 15 Februari-28 Maret 2021 versi Counterpoint.

Oppo yang pada bulan Januari lalu sempat menduduki peringkat pertama kini ada di urutan kedua dengan persentase pangsa pasar sebesar 21 persen. Urutan ketigha ditempati oleh Huawei yang merengkuh 15 persen pangsa pasar di China.

Perlu ditambahkan bahwa dalam laporan ini Counterpoint menggabungkan pangsa pasar Vivo dan sub-brand iQoo yang khusus dijual secara online di China, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmo China, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo A54

Sedangkan, Oppo dihitung sendiri tanpa menggabungkan Realme. Begitu pula dengan Huawei yang tidak lagi dihitung bersama dengan Honor seperti laporan bulan Januari lalu, karena kini Honor sudah bukan lagi milik Huawei.

Akhir tahun 2020 lalu, Huawei mengumumkan menjual bisnis Honor ke Shenzhen Zhinxin New Information, sebuah konsorium yang beranggotakan lebih dari 30 agen dan distributor."Kue" yang ditinggalkan Huawei itupun menjadi rebutan pesaingnya untuk mengambil alih pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com