Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Assistant Punya Kemampuan Baru, Bisa Lacak iPhone Hilang

Kompas.com - 18/04/2021, 08:10 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, asisten virtual Google Assistant versi iOS belum bisa melakukan perintah untuk mencari perangkat iOS yang hilang. Namun, Google akhirnya memberi kemampuan untuk menjalankan perintah tersebut dalam update terbaru.

Google Assitant versi iOS kini bisa menjalankan perintah untuk mencari perangkat iOS yang hilang, seperti iPhone. Fitur ini sebelumnya sudah hadir lebih dulu di Google Assistant versi Android.

Fitur baru ini sejatinya dirilis untuk mempermudah pengguna smart-home yang memiliki speaker cerdas berbasis Google Assistant dan aplikasi Google Home.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memberikan perintah kepada Google Assistant untuk dapat melacak keberadaan perangkat ponsel manakala pengguna lupa meletakkan di mana ponsel mereka.

Baca juga: Google Assistant Kini Bisa Bacakan Isi Website dalam Bahasa Indonesia

Sebenarnya, Apple sendiri memiliki fitur pelacakan bernama "Find My iPhone". Fitur ini dapat dimanfaatkan pengguna iPhone untuk mencari ponselnya yang hilang atau dicuri.

Untuk menjalankan fitur ini, pengguna cukup menekan dan menahan tombol home hingga muncul titik-titik warna-warni di bagian bawah layar, kemudian ucapkan kalimat "Hey Google, Find My Phone".

Setelah kalimat itu diucapkan, nantinya Google Home akan mengirimkan notifikasi khusus di perangkat iPhone yang hilang tersebut.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Pocket Now, Minggu (18/4/2021), notifikasi khusus itu diklaim mampu menerobos mode silent, don't disturb, dan mode getar.

Ketika indikator perangkat berbunyi, pengguna bisa langsung mencari sumber bunyi, untuk menemukan perangkat yang hilang atau terselip.

Fitur ini sejatinya berfungsi untuk memantulkan sinyal ke ponsel agar perangkat yang hilang dengan jarak yang cukup jauh dapat terdeteksi secara akurat.

Baca juga: Cara Menentukan Arah Kiblat dengan Google Earth

Perlu dicatat, sebelum bisa menggunakan fitur ini, pengguna diminta untuk mengisi beberapa opsi seperti lokasi, nomor telepon, serta informasi lainnya yang bersangkutan dengan perangkat.

Selain Google dan Apple, fitur pelacakan ponsel juga umum ditemukan di berbagai merek smartphone, termasuk Samsung (Find My Mobile), Xiaomi (Find Device), hingga Oppo (Find My Oppo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com