Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Vendor Ini Siapkan Ponsel dengan Kamera di Bawah Layar

Kompas.com - 21/04/2021, 16:27 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Dari poni, modul kamera pop-up, hingga punch hole, upaya para vendor ponsel mengenyahkan kamera depan supaya tak mengganggun tampilan layar yang makin lebar bakal berlanjut ke under-display camera.

Seperti namanya, ini adalah teknologi yang menempatkan kamera depan di bawah layar sehingga tak terlihat oleh mata pengguna. Ponsel pertama dengan kamera bawah layar adalah ZTE Axon 20 5G keluaran 2020, yang belum disusul oleh smartphone lain.

Namun, keadaan tersebut agaknya bakal berubah pada tahun 2021 karena sederet smartphone yang memiliki under-display camera disinyalir akan mulai bermunculan. Kabar itu beredar dari leaker Ice Universe yang kerap memberikan bocoran akurat seputar dunia gadget.

Baca juga: Begini Hasil Foto dari Ponsel Pertama dengan Kamera di Dalam Layar

Melalui akun Twitter (@UniverseIce, ia mengungkapkan bahwa ada lima vendor ponsel, yakni Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan ZTE, yang akan memamerkan teknologi kamera di dalam layar buatannya pada paruh kedua 2021.

Rumor yang menyebutkan bahwa Galaxy Z Fold 3 bakal mengadopsi teknologi kamera bawah layar sebetulnya sudah sempat mencuat pada November 2020 lalu.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizChina, Selasa (20/4/2021), President of ZTE Mobile, Ni Fei sebelumnya juga sempat mengonfirmasi bahwa pihaknya memang tengah mempersiapkan perangkat berikutnya yang dibekali kamera bawah layar.

Baca juga: Oppo Pamer Ponsel Pertama dengan Kamera Selfie di Bawah Layar

Sebelumnya, sejumlah vendor seperti Oppo dan Xiaomi juga sempat mengumbar wujud ponsel yang memiliki kemampuan kamera selfie di bawah layar.

Pada 2019 lalu misalnya, teknologi under-display camera ini dipamerkan oleh Oppo dalam sebuah video pendek.

Video tersebut disebar oleh akun resmi @Oppo di media sosial Twitter. Pada video yang diunggah Oppo itu, bisa dilihat bahwa ada sebuah smartphone yang bagian depannya tampak penuh oleh permukaan layar, tanpa adanya poni atau lubang kamera.

Pengguna yang mendemonstrasikan ponsel tersebut kemudian membuka aplikasi kamera dan menjepret satu sampel foto.

Ketika kamera depan digunakan dan menjepret foto, tak terlihat adanya kamera selfie yang muncul (metode pop-up), atau yang ditanamkan di dalam lubang layar. Hanya ada suara "shutter" yang terdengar ketika ponsel tersebut digunakan untuk menjepret swafoto.

Baca juga: Xiaomi Pamer Ponsel dengan Kamera Selfie di Dalam Layar

Setelah Oppo, Xiaomi ikut-ikutan pamer teknologi kamera bawah layar atau under display camera di smartphone misteriusnya. Xiaomi mengunggah cuplikan video singkat yang diunggah ke akun Twitter resmi.

Dalam video tersebut, seorang peraga memegang dua ponsel. Saat keadaan terkunci tidak tampak perbedaan kedua ponsel yang layarnya menggelap.

Barulah setelah layar diaktifkan, perbedaan muncul, di mana satu ponsel masih dipatrikan "notch" untuk menopang kamera depan, dan satu ponsel lain bersih tanpa "notch" sekecil apapun.

Sang peraga pun menggunakan ponsel tanpa "notch" tersebut untuk mengambil foto selfie untuk memamerkan teknologi baru itu.

Kendati demikian, benar tidaknya prediksi yang diungkap oleh Ice Universe ini masih harus menunggu waktu. Sebab, masing-masing vendor pun hingga kini belum mengonfirmasi soal ponsel dengan kamera bawah layar yang dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com