Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Rilis Fitur Pencegah Bully dan Pelecehan di DM dan Komentar

Kompas.com - 22/04/2021, 10:13 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai bagian dari upayanya melindungi privasi dan keamanan pengguna, Instagram meluncurkan beberapa fitur dan kebijakan baru di platformnya.

Rangkaian fitur baru ini juga bertujuan untuk memberantas dan mencegah aksi perundungan (bully) dan pelecehan, yang kerap dijumpai di kolom komentar maupun Direct Message (DM).

Pengguna, misalnya, tidak bisa mengirim Direct Message (DM) ke pengguna lain apabila dia tidak mengikuti (follow) akun pengirim pesan.

Baca juga: Instagram, Media Sosial Pemicu Cyberbullying Tertinggi

Instagram juga memberikan peringatan saat pengguna tengah berinteraksi dengan orang lewat percakapan via DM, sekaligus membatasi orang dalam mengikuti akun mereka.

1. Fitur Direct Message (DM) dibatasi

Fitur baru Instagram untuk membatasi pelecehan di Direct MessageBlog Instagram Fitur baru Instagram untuk membatasi pelecehan di Direct Message

Guna mencegah hal-hal yang memicu aksi pelecehan, Instagram kini merilis fitur berupa tools di mana pengguna dapat mem-filter siapa saja yang bisa mengirim pesan ke DM mereka.

Nantinya, tools ini akan secara otomatis memfilter isi pesan dari pengguna lain yang berisi kata-kata berbau sindiran atau menyinggung.

Instagram mengatakan bahwa tools ini memang berfokus pada isi pesan yang ada di kolom permintaan DM.

Sebab menurut Instagram, di sinilah pengguna biasanya menerima pesan yang bernada kasar, tidak seperti pesan DM biasa, di mana mereka menerima pesan dari teman. Dengan demikian, pengguna lain tidak bisa sembarangan mengirim pesan begitu saja.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa mengunjungi menu Pengaturan Privasi lalu pilih opsi "DM Requests".

Baca juga: Begini Cara Blokir Komentar Bully di Instagram

Jika dilihat secara fungsi, fitur ini mirip seperti filter komentar yang dirilis Instagram untuk membatasi dan memfilter kata apa saja yang sekiranya tidak akan dimunculkan di kolom komentar.

"Karena DM adalah tempat untuk melakukan percakapan pribadi, kami akan proaktif memberantas perkataan yang memicu ujaran kebencian atau penindasan dengan cara yang sama seperti yang sudah kami lakukan sebelumnya di kolom komentar," kata Instagram.

Sebelumnya, Instagram memungkinkan siapa saja bisa mengirim dan menerima DM, tanpa harus mem-follow terlebih dahulu. Namun kini, fitur Direct Message hanya bisa diakses jika penerima pesan mengizinkan orang lain untuk mengirim DM mereka.

2. Akun yang sudah diblokir tidak bisa menghubungi via DM

Fitur baru Instagram untuk membatasi orang tidak dikenal bisa mengirim pesan di DMBlog Instagram Fitur baru Instagram untuk membatasi orang tidak dikenal bisa mengirim pesan di DM

Instagram juga merilis fitur yang akan mempersulit seseorang yang telah Anda blokir untuk menghubungi Anda lagi melalui akun baru mereka.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com