Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Meet Hadirkan Fitur Penghemat Paket Data dan Antarmuka Baru

Kompas.com - 22/04/2021, 16:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google mengumumkan akan menggulirkan sejumlah pembaruan antarmuka layanan video conferencing miliknya, Google Meet versi web.

Pembaruan tersebut meliputi pembaruan tampilan video feed, bilah navigasi, dan cara pengguna ketika mempresentasikan rapat.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Google melalui sebuah posting di laman resminya. Disebutkan bahwa rangkaian fitur baru itu akan disalurkan bertahap mulai bulan depan.

Fitur penghemat data seluler

Salah satu calon fitur baru yang paling menarik dari meet adalah data saver untuk menghemat pemakaian paket data seluler selagi pengguna melakukan video conferencing di perjalanan.

Untuk mendukung video call saat pengguna dalam perjalanan, Google secara resmi meluncurkan fitur data saver (penghemat data) pada bulan ini.

Baca juga: Google Meet Versi Gratis Diperpanjang sampai Juni 2021

Dave Citron, Director of Product Management Google Meet, mengatakan bahwa fitur data saver dapat membatasi penggunaan data di jaringan seluler sehingga menghemat biaya pembelian paket data.

"Fitur ini sangat penting untuk pasar seperti Brasil, Meksiko, dan Indonesia, yang biaya paket datanya bisa mahal," ujar Citron.

KompasTekno belum menemukan opsi data saver di Meet, tapi Google menjanjikan fitur pengehemat paket seluler tersebut akan resmi hadir pada bulan April 2021.

Antarmuka baru

Google turut merombak tampilan antarmuka Meet, termasuk fitur pin dan unpin video feed ketika sedang rapat. Nantinya, saat pengguna melepas pin (unpin) video feed akan secara otomatis berubah menjadi ukuran yang sama dengan grid peserta rapat.

Google mengatakan, opsi untuk melakukan pin pada beberapa video feed sekaligus bakal dihadirkan dalam beberapa bulan ke depan.

Perbandingan antarmuka Google Meet sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) pembaruan. Pada pembaruan, bilah navigasi seluruhnya diintegrasikan di bilah bawah.KOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Perbandingan antarmuka Google Meet sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) pembaruan. Pada pembaruan, bilah navigasi seluruhnya diintegrasikan di bilah bawah.

Saat melakukan rapat di Meet, pengguna biasanya akan melihat bilah navigasi di bagian atas dan bawah. Bilah navigasi atas memuat tombol navigasi aktivitas, chat, dan juga daftar peserta rapat.

Sedangkan bilah navigasi bawah memuat tombol audio dan kamera, tombol untuk mengakhiri rapat, hingga tombol share screen.

Pada pembaruan kali ini, Google memutuskan untuk mengintegrasikan bilah navigasi bagian atas dan bawah menjadi satu. Sekarang, tombol navigasi seluruhnya diintegrasikan pada bilah bawah.

Baca juga: Google Meet Siapkan Fitur-fitur Baru untuk Mendukung Kegiatan Belajar

Google juga memutuskan untuk memindahkan letak tombol "akhri rapat". Awalnya tombol "akhiri rapat" berada di antara ikon mikrofon dan kamera. Kini tombol tersebut dipindahkan ke bagian paling kanan.

"Hal ini dilakukan untuk mencegah hang-up (pemutusan sambungan) yang tidak disengaja," jelas Citron.

Halaman:
Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com