Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Apple Sesumbar Chip M1 Bikin Komputer Mac Lebih Laku

Kompas.com - 23/04/2021, 13:46 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Sekitar pertengahan November tahun lalu, Apple memulai inisiatif untuk beralih dari prosesor Intel ke prosesor bikinannya sendiri, yaitu M1.

Langkah tersebut dituangkan pertama kalinya dalam produk MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac mini yang seluruhnya ditenagai oleh prosesor anyar tersebut.

Kala itu hingga sekarang, ketiga perangkat tersebut dijual bersamaan dengan lima perangkat Mac lainnya yang dibekali dengan prosesor Intel, yaitu MacBook Pro 13 dan 16 inci, iMac 21,5 dan 27 inci, dan Mac Pro.

Baca juga: Rencana CEO Baru Intel, Kalahkan Prosesor Apple M1

Meski produknya lebih sedikit, perusahaan pembuat iPhone ini mengklaim produk "berotak" M1 justru lebih laris dibanding perangkat berbasis Intel, hanya dalam waktu kurang lebih enam bulan.

Hal itu disampaikan oleh CEO Apple, Tim Cook dalam acara virtual bertajuk "Spring Loaded" yang digelar Selasa (20/4/2021) malam.

"Produk berbasis M1 terus berkontribusi terhadap perkembangan bisnis Mac, dan kini mereka merupakan produk yang paling berkontribusi dalam penjualan Mac secara keseluruhan," ujar Tim dalam acara tersebut.

Namun Cook tidak menjelaskan berapa banyak unit komputer Mac berbasis chip M1 yang berhasil dijual oleh Apple, dalam periode November 2020 - April 2021 tersebut.

Deretan produk Mac yang dibekali dengan prosesor Apple M1.MacRumors Deretan produk Mac yang dibekali dengan prosesor Apple M1.

Yang jelas, ajang peluncuran perdana Apple di tahun 2021 ini membuktikan bahwa Apple ingin prosesor buatannya hadir di lebih banyak produk Mac, bahkan di iPad sekalipun.

Baca juga: Apple Rilis iMac 24 Inci Baru dengan Chip M1, Lebih Tipis dan Warna-warni

Pasalnya, prosesor yang diklaim lebih kencang dari prosesor Intel tersebut kini hadir di iMac tipis terbaru berukuran 24 inci yang tersedia dengan berbagai pilihan warna, serta iPad Pro 2021 yang juga disertai dengan dukungan konektivitas 5G.

Dengan begitu, Apple setidaknya sudah memiliki lima produk berbasis Apple M1 yang bisa dinikmati oleh konsumen.

Sebelumnya, di ajang WWDC 2020, Apple mengatakan bahwa mereka membutuhkan transisi selama dua tahun untuk beralih dari produk berbasis Intel ke M1, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Kamis (22/4/2021).

Artinya, bukan tidak mungkin prosesor M1 ini nantinya bakal hadir di lebih banyak perangkat di ekosistem Apple hingga 2022 mendatang. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com