Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Fitur-fitur Oppo A74 5G, Ponsel 5G Termurah di Indonesia

Kompas.com - 23/04/2021, 14:31 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo mulai menggelar penjualan perdana A74 5G pada hari ini, Jumat (23/4/2021) di salah satu e-commerce.

Pantauan KompasTekno di e-commerce ini, ponsel yang dijual dengan harga Rp 3,7 juta itu bisa didapatkan dengan merogoh kocek Rp 3,6 juta.

Stoknya terbatas dan hanya tersedia 500 unit untuk masing-masing warna (Fluid Black dan Space Silver), sehingga peminat harus beradu cepat dengan pembeli lainnya.

Oppo A74 5G sendiri diklaim merupakan ponsel 5G termurah yang ada di Indonesia dan dibekali dengan sejumlah fitur unggulan, salah satunya berasal dari sektor hardware.

Baca juga: Kapan 5G di Indonesia Dirilis?

Ponsel ini ditenagai dengan chipset teranyar Qualcomm, Snapdragon 480 5G untuk smartphone kelas menengah.

"Ini adalah perangkat pertama di Indonesia yang mengusung Snapdragon 480 5G, sekaligus menjadi perangkat yang paling murah untuk 5G di Indonesia," tutur Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto kepada KompasTekno beberapa waktu lalu.

Chipset yang dipadu dengan RAM 6 GB (LPDDR4X) dan memori internal 128 GB (UFS 2.1) ini diklaim Oppo mampu menghasilkan kecepatan unduh dan unggah maksimum hingga 2,1 Gbps/245 Mbps di jaringan 5G.

Baterai, layar, dan kamera

Oppo A74 5GOppo Indonesia Oppo A74 5G

Masih soal hardware, Oppo A74 5G juga memiliki baterai bongsor berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung fitur pengisian daya cepat 18 watt.

Baterainya sendiri diklaim kuat dipakai untuk bermain game online hingga 7,86 jam dalam satu kali pengisian penuh. Pengisian daya dari nol hingga 68 persen, menurut Aryo, hanya membutuhkan waktu 60 menit.

Selain hardware, layar Oppo A74 5G yang mengusung panel AMOLED 6,49 inci dengan resolusi HD Plus dan refresh rate 90 Hz turut menjadi aspek fitur unggulan ponsel tersebut.

Layar ini juga dibekali dengan teknologi Eye Comfort yang diklaim bisa menyesuaikan backlight sesuai kondisi sekeliling pengguna.

Masih di layar, terdapat fitur Sunlight Screen yang menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone saat berada di bawah sinar matahari terik.

Sedangkan fitur Moonlight Screen akan secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari.

Layar Oppo A74 5G turut dilengkapi dengan sertifikasi HD Netflix dan Amazon Prime Video HD untuk pengalaman menonton maksimal.

Baca juga: Oppo A74 5G, Ponsel 5G Termurah di Indonesia

Beralih ke sektor kamera, Oppo A74 5G mengusung desain single punch hole untuk menampung kamera depan yang memiliki resolusi 16 MP (f/2.0).

Di bagian punggungnya, terdapat empat kamera lainnya yang terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.7), kamera ultrawide 8MP (f/2.2), kamera makro 2MP (f/2.4), dan kamera mono 2MP (f/2.4).

Deretan kamera ini didukung dengan berbagai fitur pemotretan mencakup AI Scene Enhancement 2.0 untuk menyesuaikan warna sesuai dengan obyek yang dibidik, serta Ultra-clear 108 MP Image untuk menghasilkan kualitas gambar yang jernih.

Ada pula fitur AI Beautification 2.0 yang berfungsi untuk mempercantik foto wajah, serta Stylishing Filter yang terdiri dari 15 filter foto yang bisa dipakai pengguna sesuai selera, baik di kamera depan maupun belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com