Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gran Turismo Sport Resmi Jadi Cabang Olahraga di Olimpiade Virtual

Kompas.com - 26/04/2021, 07:31 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GT Planet

KOMPAS.com - Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah mengumumkan kehadiran Olympic Virtual Series, sebuah acara olahraga virtual yang akan diselenggarakan secara perdana menjelang turnamen olahraga Tokyo Olympics 2021.

Olympic Virtual Series bakal digelar mulai 13 Mei dan bakal berlangsung hingga 23 Juni mendatang. Terdapat beberapa kategori perlombaan yang akan hadir, meliputi olahraga bisbol, bersepeda, mendayung, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk cabang olahraga otomotif, IOC telah menetapkan Gran Turismo sebagai salah satu cabang olahraga otomotif Olympic Virtual Series.

Baca juga: Game Balap Gran Turismo 7 Ditunda hingga 2022

Hal ini ditandai dengan hadirnya Federasi Otomotif Internasional (Fédération Internationale de l'Automobile/FIA) sebagai salah satu dari lima mitra resmi yang digandeng IOC.

Kehadiran Gran Turismo dalam daftar turnamen kali ini terbilang unik. Sebab, kategori turnamen otomotif motorsport sebelumnya belum pernah terwakilkan di Olimpiade.

Sementara itu, empat cabang olahraga lainnya telah hadir secara rutin di Olimpiade Musim Panas yang digelar beberapa waktu lalu.

Menurut Presiden IOC Thomas Bach, Olympic Virtual Series merupakan sebuah kompetisi olahraga virtual yang dapat mempromosikan nilai-nilai Olimpiade, dengan fokus khusus pada kaum muda.

"Seri Virtual Olimpiade adalah pengalaman digital Olimpiade baru dan unik yang bertujuan untuk menumbuhkan keterlibatan langsung dengan pemirsa baru di bidang olahraga virtual," ujar Bach.

Baca juga: 8 Game yang Dipertandingkan di SEA Games 2021, Ada Mobile Legends dan Free Fire

Berikut ini kategori olahraga beserta federasi olahraga internasional dan peberbit game yang akan berpartisipasi dalam Olympic Virtual Series sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GT Planet, Senin (26/4/2021).

  • Motorsport – Federation Internationale de l’Automobile (FIA) – Gran Turismo (Polyphony Digital)
  • Baseball – World Baseball Softball Confederation (WBSC) – eBaseball Powerful Pro Baseball 2020 (Konami)
  • Bersepeda – Union Cycliste Internationale (UCI) – Zwift (Zwift)
  • Dayung – World Rowing – TBA
  • Berlayar – World Sailing – Virtual Regatta (Virtual Regatta)

Meski akan digelar dalam waktu dekat, namun informasi terkait Olympic Virtual Series masih tergolong minim. IOC sendiri masih belum mengumumkan siapa saja yang akan ikut bertanding.

Selain itu, proses pendaftaran serta besarnya hadiah apa yang akan ditawarkan juga masih menjadi misteri. Pihak IOC pun berjanji akan segera membagikan detail acara lebih lanjut di kemudian waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GT Planet


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com