Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halodoc dan Sayurbox Dapat Dana Rp 580 Miliar dari Astra International

Kompas.com - 26/04/2021, 09:38 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Dua perusahaan startup digitalIndonesia, Halodoc dan Sayurdoc, baru-baru ini mendapatkan suntikan dana dari PT Astra International Tbk dengan nilai total sebesar Rp 580 miliar.

Rinciannya adalah 35 juta dollar AS atau sekitar Rp 507,5 miliar ke Halodoc dan 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 7,5 miliar ke Sayurbox. 

Halodoc merupakan platform kesehatan berbasis online. Sementara Sayurbox adalah e-commerce produk-produk pertanian.

Baca juga: Startup Asal Indonesia Paling Dilirik Investor Sepanjang 2020

Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro mengatakan bahwa aksi korporasi ini adalah bagian dari inisiatif strategis untuk mempercepat transformasi digital perusahaan.
Dia menilai bahwa kedua startup tersebut memiliki prospek bisnis yang cerah.

“Kami melihat kedua startup ini memiliki satu misi, satu visi dan satu komitmen yang baik dengan memanfaatkan teknologi,” ujar Djony, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Kontan, Senin (26/4/2021).

Menurut Djoni, Halodoc memiliki misi untuk mengurangi ketimpangan akses layanan kesehatan di Indonesia. Dia menilai Halodoc adalah  bisnis cash yang jelas dan memiliki tujuan baik.

"Kalau Sayurbox itu produce dari petani sehingga bisa sampai ke tangan pelanggan. Ini juga satu bisnis cash yang baik," kata Djony, seperti diberitakan Kompas.com.

Baca juga: Evy Amir Syamsudin, dari Urus Narapidana hingga Jadi Founder Startup

Di masa pandemi, lanjut Djony, layanan kesehatan menjadi salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan. Demikian juga dengan e-commerce.

Ia menambahkan, Astra International mempunyai target sendiri guna melakukan investasi anorganik dan akan terus mengkaji peluang-peluang yang ada dari berbagai sektor.

“Kami selalu melihat peluang-peluang di kemudian hari, jika memang ada tentu kami berminat untuk melakukan investasi lebih banyak,” tambahnya.

Dalam laporan kinerja perusahaan untuk kuartal-I 2021, Astra International menyalurkan modal ke Sayurbox dan Halodoc pada bulan Maret dan April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com