Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Peningkatan Fitur di Oppo A54 Dibanding Oppo A31

Kompas.com - 27/04/2021, 13:54 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo A54 resmi dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu. Alih-alih suksesor Oppo A53 yang dirilis sekitar Agustus 2020, Oppo mengklaim ponsel ini merupakan penerus dari Oppo A31 yang diluncurkan pada Februari tahun lalu.

"Oppo A53 secara positioning lebih menggantikan Oppo A31. Spesifikasinya hampir sama, namun, memiliki sejumlah peningkatan yang signifikan dari pendahulunya," ungkap Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto kepada KompasTekno beberapa waktu lalu.

Menurut Aryo, peningkatan signifikan yang dimaksud adalah penggunaan punch hole untuk memuat kamera selfie, alih-alih poni konvensional bergaya ala tetesan air (waterdrop).

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo A54

Modul punch hole ini turut memuat kamera selfie 16 MP, meningkat dari 8 MP di Oppo A31. Kamera ini juga dilengkapi dengan lampu di sekeliling modul yang bisa menyala, serta fitur AI Beauty 2.0 untuk mempercantik hasil foto wajah.

Masih soal fotografi, kedua ponsel ini sebenarnya sama-sama dibekali dengan tiga kamera belakang. Hanya saja, kamera utamanya meningkat dari 12 MP di Oppo A31 menjadi 13 MP di Oppo A54.

Meski demikian, dua kamera lainnya memiliki resolusi identik, yaitu kamera macro dan depth sensor yang masing-masing beresolusi 2 MP.

Sisi depan Oppo A54 menggunakan desain punch hole atau lubang kamera untuk menampung kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.0)KOMPAS.com/ConneyStephanie Sisi depan Oppo A54 menggunakan desain punch hole atau lubang kamera untuk menampung kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.0)

Terlepas dari kamera, kapasitas baterai kedua ponsel juga berbeda. Oppo A54 ditopang dengan baterai dengan kapasitas lebih besar dari Oppo A31, yaitu 5.000 mAh (Oppo A54) berbanding 4.230 mAh (Oppo A31).

Ketika baterainya habis, daya Oppo A54 bisa diisi melalui konektor USB tipe-C, lebih modern dibanding microUSB 2.0 di Oppo A31.

Peningkatan lainnya, menurut Aryo, adalah modul pemindai sidik jari (fingerprint) yang kini diletakkan di bingkai perangkat (side fingerprint), bukan "menempel" di bagian punggung ponsel.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo A74 5G dan A74 di Indonesia

Penempatan modul fingerprint ini, lanjut Aryo, dimaksud untuk memudahkan pengguna membuka kunci layar perangkat dengan mudah dan efisien.

Terlepas dari kamera, baterai, dan fitur biometrik, spesifikasi Oppo A31 dan A54 lainnya bisa dibilang sama persis. Kedua ponsel ini dibekali dengan panel IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi HD Plus.

Di segi hardware, kedua ponsel tersebut juga kompak ditenagai dengan chipset Mediatek Helio P35 yang dipadu dengan RAM 4 GB/6 GB dan memori internal 64 GB/128 GB.

Pantauan KompasTekno di sejumlah e-commerce, Selasa (27/4/2021), kedua ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, tepatnya Rp 2,5 juta untuk varian terbawah masing-masing perangkat, yaitu Oppo A31 4 GB/128 GB dan Oppo A54 4 GB/64 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com