Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Uji Coba Pesan Menghilang Otomatis dalam 24 Jam

Kompas.com - 27/04/2021, 16:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Tahun lalu, WhatsApp merilis fitur pesan sementara yang memungkinkan pesan akan terhapus otomatis setelah tujuh hari. Kini, WhatsApp sedang menyiapkan opsi baru untuk mempercepat durasi penghapusan pesan, yakni dalam 24 jam.

Kabar ini diungkap situs WA Beta Info yang kerap membagikan bocoran bakal fitur baru WhatsApp. Dari tangkapan layar yang dilampirkan, tampak ada tiga opsi di fitur "Disappearing Messages" yakni 24 jam, tujuh hari, dan opsi non-aktif.

Saat ini, hanya ada dua opsi yakni mengaktifkan (on) atau menon-aktifkan (off) dengan durasi hapus pesan default secara tujuh hari.

Kendati demikian, durasi baru untuk fitur hapus pesan otomatis ini masih dalam tahap pengembangan dan akan segera tersedia di pembaruan iOS, Android, dan WhatsApp versi desktop sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs WA Beta Info, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Pesaing Terberat WhatsApp Bakal Dirombak dan Makin Diminati

Bocoran fitur Disappearing Messages yang akan memiliki opsi hapus pesan lebih cepat yakni dalam 24 jam.WABetaInfo Bocoran fitur Disappearing Messages yang akan memiliki opsi hapus pesan lebih cepat yakni dalam 24 jam.

Adapun fitur "Disappearing Messages" ini bisa membantu pengguna untuk lebih efisien dalam menghapus pesan, baik percakapan personal maupun percakapan di dalam grup.

Namun, untuk WhatsApp Group hanya admin saja yang bisa mengaktifkan dan mematikan fitur ini.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Cukup buka chatroom percakapan personal atau WhatsApp Group yang ingin dikehendaki.

Kemudian, gulir ke bawah hingga menemukan fitur "pesan sementara" yang ditandai dengan ikon serupa jam. Tepatnya, fitur itu berada di antara fitur enkripsi dan pesan berbintang.
Setelah menngetuk fitur "pesan sementara", kemudian pilih opsi "nyala".

Baca juga: Cara Menyamarkan Percakapan di WhatsApp Web Agar Tidak Dilihat Orang Lain

Nantinya akan muncul keterangan fitur yang menyebut bahwa "pesan akan hilang dari chat setelah 7 hari". Setelah diaktifkan, pesan yang dikirim dan diterima akan hilang secara permanen setelah sepekan.

Di ruang obrolan, akan muncul keterangan bahwa fitur telah diaktifkan. Keterangan yang sama juga akan muncul di ruang obrolan penerima pesan.

Pengaturan ini bisa diubah sewaktu-waktu. Sedikit catatan, khusus untuk pesan media yang sudah diunduh akan hilang di ruang obrolan namun tetap tersimpan di dalam ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com