Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditunda Setahun gara-gara Pandemi, Turnamen Mobile Legends Asia Tenggara Kembali Digelar

Kompas.com - 28/04/2021, 18:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah dibatalkan gara-gara pandemi Covid-19, turnamen e-sports Mobile Legends bergengsi skala Asia Tenggara, Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) akan kembali digelar tahun ini.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, MSC 2021 akan mengusung format turnamen online karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Total hadiah dalam turnamen ini adalah 150.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,1 miliar.

Ajang MSC keempat ini akan digelar pada 7-13 Juni 2021. Jadwalnya terdiri dari babak penyisihan grup satu (7-8 Juni), babak penyisihan grup dua (9 Juni), babak Playoff (11-13 Juni), dan babak Grand Final (13 Juni).

Tidak disebutkan jadwal MSC 2021 secara rinci, begitu juga detail tim yang akan berkompetisi di ajang tersebut.

Adapun peserta MSC 2021 akan berjumlah 12 tim yang berasal dari 8 negara Asia Tenggara, mencakup Laos, Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Indonesia.

Baca juga: Pernah Bermasalah, Mungkinkah Game Mobile Legends Ditutup?

Selain bisa mendukung tim favoritnya masing-masing, pemain Mobile Legends juga bakal dimanjakan dengan berbagai event di dalam game (in-game), serta berbagai hadiah eksklusif yang berkaitan dengan MSC 2021.

Kendati turnamen digelar secara online, pihak penyelenggara menyatakan akan membuat sebuah acara offline demi memeriahkan momen MSC 2021. Namun, belum diketahui detail serta kapan acara tersebut akan berlangsung.

"Kami senang kembali menggelar ajang MSC tahun ini untuk menyatukan para penggemar Mobile Legends di Asia Tenggara dan mendukung para tim favoritnya dari negara masing-masing," ujar Head of MSC Moonton Games, Han Ziwei, sebagaimana dikutip KompasTekno dari MobileLegends.com, Rabu (28/4/2021).

"Kami akan terus bekerja sama dengan mitra terkait untuk menghadirkan pengalaman yang baik untuk MSC 2021, serta menggelar berbagai aktivitas secara offline bagi komunitas kami," imbuh Ziwei.

Baca juga: Bocoran Karakter dan Skin Baru Mobile Legends, Ini Rinciannya

Sebagai informasi MSC sendiri pertama kali diadakan pada 2017 lalu di Jakarta, Indonesia dan dihadiri oleh 8 tim dari 5 negara Asia Tenggara. Kompetisi ini dimenangkan oleh tim I Do Not Sleep (IDNS) dari Thailand.

Setahun berikutnya, MSC tetap diadakan di tempat yang sama, namun, jumlah tim dan negara bertambah, yaitu 10 tim dan 7 negara. Tim Aether Main yang mewakili Filipina menjadi pemenang dan memboyong piala MSC 2018.

Barulah pada 2019 Indonesia berhasil menjuarai MSC melalui tim Onic Esports. Turnamen tersebut diselenggarakan di Manila, Filipina dan diikuti oleh 12 tim dari 9 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com