Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Notifikasi Perubahan Kebijakan Privasi WhatsApp Muncul Lagi, Terima atau Tolak?

Kompas.com - 30/04/2021, 11:57 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp kembali memunculkan jendela pemberitahuan tentang perubahan kebijakan privasi terbaru bagi pengguna yang belum menyetujui aturan tersebut,

Beberapa orang yang dihubungi KompasTekno mengaku belakangan ini sempat kembali disodori dengan pemberitahuan tersebut, salah satunya adalah Yusuf.

"Kemarin malam saat membuka WhatsApp, notifikasi itu mendadak muncul lagi. Padahal sebelumnya sudah lama tidak ada," tutur Yusuf kepada KompasTekno.

Seperti sebelumnya, notifikasi yang memenuhi layar itu memuat penjelasan soal perubahan kebijakan WhatsApp terkait data pengguna yang diteruskan ke Facebook.

Banner notifikasi perubahan kebijakan WhatsApp yang muncul ketika aplikasi tersebut dibuka pada akhir April 2021. Ukurannya menutupi keseluruhan layar dan berjumlah dua halamanKOMPAS.com/ BILL CLINTEN Banner notifikasi perubahan kebijakan WhatsApp yang muncul ketika aplikasi tersebut dibuka pada akhir April 2021. Ukurannya menutupi keseluruhan layar dan berjumlah dua halaman
Yusuf menjelaskan hanya ada dua tombol di dalam notifikasi yang berukuran satu layar penuh dan terdiri dari dua halaman ini, yaitu tombol "X" untuk menutup notifikasi, serta "Accept" untuk menyetujui pembaruan privasi tersebut.

Baca juga: Jangan Kaget kalau Muncul Spanduk Pengumuman di WhatsApp, Ini Isinya

Dia memilih untuk tidak menekan salah satu tombol tersebut, melainkan "back" di rangkaian tombol navigasi ponsel. Setelah menekan "back", notifikasi hilang dan WhatsApp kembali menampilkan koolom-kolom chat seperti biasa

Pengguna lainnya bernama Dadan turut menerima spanduk tentang perubahan privasi anyar ini. Sebelumnya dia sempat mendapatkan pemberitahuan serupa pada Maret lalu, tapi dalam bentuk in-app banner.

Berbeda dengan Yusuf, Dadan kini justru memilih untuk menekan tombol Accept (terima) untuk melanjutkan penggunaan WhatsApp.

"Saya telanjur menekan tombol setuju (Terima/ Accept), tapi tidak apa-apa supaya saya bisa kembali menggunakan WhatsApp," kata Dadan kepada KompasTekno.

Dengan kata lain, Dadan kemungkinan tidak akan mendapatkan notifikasi terkait persetujuan pembaruan privasi WhatsApp ini.

Baca juga: WhatsApp Jelaskan Kembali Kebijakan Berbagi Data dengan Facebook

Di sisi lain, Yusuf bisa jadi masih akan kembali menjumpai jendela pengumuman itu lagi di kemudian hari, setidaknya hingga batas akhir untuk menyetujuinya pada 15 Mei mendatang.

Selain "Accept", tidak ada tombol lain untuk menolak kebijakan baru WhatsApp. Pengguna sebenarnya bisa dengan mudah menolak dengan tidak menekan "Accept" hingga tenggat 15 Mei.

Namun, penolakan ini akan membawa konsekuensi, sebagaimana dijelaskan di bawah.

Kebijakan baru WhatsApp, terima atau...

Pembaruan kebijakan penggunaan aplikasi yang diumumkan WhatsApp pada awal Januari lalu telah menimbulkan banyak pertanyaan dan kekhawatiran penggunanya.

Poin yang paling banyak disoroti antara lain soal berbagi data pengguna antara WhatsApp dan perusahaan induknya, Facebook.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com