Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Gangguan 30 April Malam, Pengguna Tak Bisa Login

Kompas.com - 30/04/2021, 20:48 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Jejaring media sosial Facebook gangguan pada hari ini, Jumat (30/4/2021) malam. Sejumlah pengguna asal Indonesia melaporkan Facebook gangguan dan mengaku kesulitan saat hendak mencoba masuk (login) ke akun Facebook mereka.

Hal serupa juga terjadi ketika KompasTekno mencoba untuk masuk ke dalam akun Facebook. Menurut keterangan yang muncul saat login, Facebook dikatakan tengah melakukan pemeliharaan sistem.

Secara spesifik, Facebook tengah melakukan peningkatan pada bagian basis data (database) tempat menampung akun pengguna.

Baca juga: Kominfo Buka Suara Soal Aksi Mention Massal Link Porno di Facebook

Akibat aktivitas ini, para pengguna tidak dapat mengakses akun Facebook mereka untuk sementara waktu.

Layanan Facebook down Jumat (30/4/2021) malam.Facebook Layanan Facebook down Jumat (30/4/2021) malam.
"Facebook tidak dapat diakses karena sedang dilakukan pemeliharaan wajib, namun Anda akan dapat menggunakannya beberapa saat lagi," tulis Facebook.

Situs Downdetector juga memperlihatkan grafik laporan gangguan Facebook mulai meningkat malam ini mulai pukul 17.00 WIB.

Laman downdetector menampilkan laporan gangguan Facebook meningkat pada Jumat (30/4/2021) malam pukul 20.00 WIB.Downdetector.id Laman downdetector menampilkan laporan gangguan Facebook meningkat pada Jumat (30/4/2021) malam pukul 20.00 WIB.

 

Menurut halaman bantuan Facebook, biasanya ini berarti Facebook sedang melakukan peningkatan pada database tempat akun pengguna disimpan.

"Meskipun proses ini tidak memengaruhi akun Anda, untuk sementara Anda tidak akan bisa mengakses situs ini," tulis Facebook.

Facebook mengingatkan bahwa pemeliharaan situs tidak dilakukan pada semua database secara bersamaan.

"Mungkin saja teman Anda tetap bisa mengakses situs Facebook sementara akun Anda masih belum tersedia," tulis Facebook.

Selain terjadi di Indonesia, gangguan ini rupanya turut dirasakan oleh pengguna asal AS, Inggris, Kanada, dan Australia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Sun, Jumat (30/4/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com